PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI

Ida Mawaddah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluser random sampling yaitu pengambilan dua kelas secara acak dan ditempatkan kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan XI-1 sebagai kelas kontrol, kelompok eksperimen diberi penerapan pembelajaran cooperative learning tipe think pair share sedangkan kelas kontrol tidak diberikan. Data prestasi siswa diperoleh dengan menggunakna metode tes. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik, rumus yang digunakan adalah rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 2,875 dan nilai ttabel ­pada taraf signifikan 5% dengan db = 24 + 24 – 2 = 46 sebesar 2,681, hal tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (2,875>2,681). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adaa pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi.

References


Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Surabaya : CV. Citra Media

Solihatin, Atin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Andika.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v1i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.