PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISW

Erma Rahayu, Ali Imran

Abstract


Berdasarkan hasil observasi di MTs Islahul Ikhwan Mispalah Praya diketahui bahwa penggunaan  LKS yang belum dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa, dan LKS yang dipergunakan terkesan memiliki tampilan yang kurang menarik dan kurang lengkap sehingga minat belajar siswa kurang aktif dan cenderung pendiam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan LKS Biologi Berorientasi Pembelajaran Inukuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTs Islahul Ikhwan Mispalah Praya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahapan  Penyusunan LKS ini menggunakan model pengembangan 4-D terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Namun tidak sampai tahap penyebaran dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi, observasi keterlaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi keterampilan berpikir kreatif, dan angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan pendekatan  secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembanagan LKS biologi berorientasi pemebelajaran inkuiri layak digunakan dengan tingkat kevalidan ( dari bahasa, kegrafisan, kelayakan isi dan penyajian) sebesar 4. Keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 97,058 ( kategori sangat baik), keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dari 3,39 menjadi 3,5 dengan kategori baik, sedangkan nilai rata-rata respon siswa diperoleh sebesar 85,16 % (kategori sangat praktis). Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa LKS Biologi Berorientasi Pembelajaran Inkuiri yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Keywords


Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri, Keterampilan Berpikir Kreatif

References


Ibrahim. 2002. PelatihanTerintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata PelajaranBiologi (Pengembangan Perangkat Pembelajaran). Jakarta: Depdiknas.

Nurhidayati. 2013. Pengembangan Modul. (Online): http//Abengblog.wordpress.com. Di akses pada tanggal 12 februari 2015.

Prastowo.2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta:Kencana.

Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenada Media.

Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Zuldafrial. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.