Peningkatan Kreatifitas Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Bima

Annisah Annisah, Samsudin Samsudin, Waliyudin Waliyudin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan minat belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiya Bima dengan menggunakan cerita rakyat bima sebagai bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Inggris. Peningkatan kreatifitas dan minat belajar pada bahasa Inggris yang mencakup skil dan kompetensi seperti: speaking (berbicara), listening (mendengarkan), reading (membaca), dan writing (menulis). Serta menggembangkan kreatifitas dan minat belajar siswa dalam memahami vocabulary (kosa kata), dan struktur kalimat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan menggunakan desain one pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Bima berjumlah 22 orang yang terdiri dari satu kelas. Sebelum menggunakan cerita rakyat sebagai bahan ajar akan dilaksanakan tes untuk mengetahui kemampuan awal siswa (pretest) terkait dengan skil dan kompetensi siswa, sedangkan kreatifitas dan minat belajar di nilai dengan menggunakan lembar observasi yang kemudian hasilnya dipersentasikan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah terjadi peningkatan terhadap kreatifitas dan minat belajar siswa setelah diberikan treatmen atau pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan cerita rakyat bima sebagai bahan ajar. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari perolehan hasil skor dengan nilai rata-rata sebesar 46,72, sedangkan pada post test sebesar 52,95.


Keywords


kreatifitas siswa, minat belajar, cerita rakyat Bima.

Full Text:

PDF

References


Agustinasari, susilawati E. (2018). Pemanfaatan potensi lokal dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding ISBN.

Djamarah. (2011). Psikologi belajar. Rineka Cipta. Jakarta

Fitri Ningsi, Supriadin, Nurhidayah. (2019). Peningkatan kreatifitas dan self efficacy mahasiswa pada mata kuliah writing IV melalui pembelajaran generative berbasis masalah terbuka. Prosiding ISBN

Machmuda Ayu. (2013). Penggembangan bahan ajar membaca cerita anak berbasis cerita rakyat Jawa Timur untuk siswa kelas V MI Nurul Huda Mulyorejo Malang. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nunung Fatimah. (2017). Penggembangan buku cerita rakyat Bima berbasis kearifan local. Jurnal NOSI Volume 5, nomor 3, 267-268.

Syarifah, Intan. (2019). Pengembangan instrument penilaian untuk mengukur kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Untary, Erny. (2016). Pengaruh kreatifitas dan minat belajar mahasiswa. Skripsi. Pdf

Wildah, Salwah, Shindy. (2016). Pengaruh kreatifitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal. Vol 2, Nomor 1. Diunduh dari journal.uncp.ac.id

Wisnawati. (2014). Pengaruh konsep diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Negeri I Malili. Skripsi. FKIP-UNCP. Palopo.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Annisah Annisah, Samsudin Samsudin, Waliyudin Waliyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.