PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KEPADA ORANG TUA MURID DALAM RANGKA MEMBANTU MENYELESAIKAN PEKERJAAN RUMAH.

Yosefin Rianita Hadiyanti, Dewi Kristika Findia Ning Tyas

Abstract


pembelajaran matematika menggunakan alat peraga kepada orang tua murid dalam rangka membantu menyelesaikan pekerjaan rumah dilakukan berdasarkan hasil observasi di lapangan ditemui sebagian besar orang tua mengalami kendala dalam membantu anak menyelesaikan PR dikarenakan pengetahuan, dan materi pelajaran anak yang semakin kompleks setelah diberlakukannnya kurikulum 13. Dalam kurikulum 13 anak dituntut aktif, kreatif dan inovatif dalam berbagai hal sehingga peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anak mengerjakan PR. Mata pelajaran yang dianggap sulit bagi orang tua adalah matematika. Adapun materi yang diambil yaitu perkalian, pembagian, dan akar pangkat tiga. Strategi yang dilakukan agar membantu orang tua memahami konsep matematika yang memiliki objek kajian yang abstrak dengan menggunakan alat peraga camplung dan lingkaran kubik. Teknik yang digunakan dalam penyampaian melalui ceramah, diskusi dan demonstrasi alat peraga. Adapun langkah-langkahnya: 1) menyampaikan materi prasyarat, 2) menyampaikan materi menggunakan alat peraga, selama penyampaian memberikan kesempatan kepada orang tua untuk bertanya, 3) Orang tua menggunakan alat peraga dalam menyelesaikan soal, 4) memberikan angket balikan untuk melihat keberhasilan kegiatan yang dilakukan. Adapun hasil angket diperoleh: 1) semua orang tua memahami materi yang disampaikan, 2) dapat menggunakan alat peraga, 3)  kegiatan yang diberikan memberikan manfaat bagi orang tua dalam mendampingi anak mengerjakan PR.

 


Keywords


alat peraga, camplung, lingkaran kubik

Full Text:

PDF

References


Anita, P. P., Nursalam, & Sri, S. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. Jurnal Matematika dan Pembelajarannya.

Asma, N. 2005. Stretegi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Pustekkom.

Djamarah, S. B, Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP.Yokyakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah

Ruseffendi, E.T. 1992. Pendidikan Matematika 3.Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga

Sri Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Sundayana, H. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam pembelajaran Matematika. Jakarta: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yosefin Rianita Hadiyanti, Dewi Kristika Findia Ning Tyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.