PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKULIAHAN APRESIASI SASTRA ANAK BERBASIS SUGESTI-IMAJINATIF UNTUK MENGOPTIMALKAN BUDAYA MENULIS MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

Duwi Purwati, Suhirman Suhirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Perkuliahan Apresiasi Sastra Anak Berbasis Sugesti-Imajinatif Untuk Mengoptimalkan Budaya Menulis Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk modul ini ditinjau dari aspek isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafisan, dan untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Prosedur  pengembangan model 4-D tersebut, yaitu tahap pendefinisian (Define) meliputi analisis kurikulum, analisis siswa, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan meliputi pemilihan format dan desain modul. Tahap pengembangan (Design) meliputi hasil validasi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Penelitian ini hanya sampai pada Develop, tahap Disseminate tidak dilaksanakan.Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Hamzanwadi Selong Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner,tes (pre-test dan post-test), dan lembar observasi. Masukan terhadap bahan ajar hasil pengembangan pada tahap uji coba tertentu digunakan untuk dasar perbaikan bahan ajar pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa , penerapan  bahan ajar perkuliahan apresiasi sastra anak berbasis sugesti-imajinatif secara umum dapat terlaksana. Respon mahasiswa termasuk dalam kategori “baik”. Pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar hasil pengembanganpun   dapat meningkatkan pemahaman sekaligus mengoptimalkan budaya menulis mahasiswa terbukti dengan peningkatan skor Post-test terhadap pre-test.

References


Abdul Rozak Zaidan, Anita K. Rustapa, & Hani’ah. (2007). Kamus istilah sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Aminuddin. (1990). Sekitar masalah sastra. Malang : Yayasan Asih Asah Asuh Malang.

Burhan Nurgiayantoro. (2009). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

___________________. (2005). Sastra anak pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 SMA – pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia. Jakarta : Dirjen Dikdasemen, Dir pendidikan menengah umum.

_______________. (2003). Pedoman penulisan modul. Jakarta : Direktorat PLP, Ditjen, Dikdasmen, Depdiknas.

Mirriam- Goldberg, Carryn. (2005). Daripada bete nulis aja! panduan nulis asyik di mana saja, kapan saja, jadi penulis beken pun bisa. (Terjemahan Lusy Widjaja). Minneapolis: Free Spirit Publishing. (Buku asli diterbitkan tahun 1999).

Rahmanto. (1988). Metode pengajaran sastra . Yogyakarta: Kanisius.

Sartinah Hardjono. 1988. Prinsip-prinsip pengajaran bahasa dan sastra. Jakarta: P2LPTK.

Taufik Ampera. (2010). Pengajaran sastra teknik mengajar sastra anak berbasis aktivitas. Bandung: Widya Padjadjaran.

Yudhi Munadi. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta : Referensi (GP Press Group)

Vembriarto. (1975). Pengantar pengajaran modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.