MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BOGA DI SMK IT NW PUJUT

Lalu Edi Gunawan

Abstract


Manajemen pembelajaran yang efektif menentukan kualitas pembelajaran satuan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan yang baik. Pencapaian mutu yang baik dapat diperoleh dengan pengelolaan pembelajaran yang tersistem dengan pola manajemen yang baik. Penerapan manajemen untuk memperoleh mutu pembelajaran yang mempunyai standar bertujuan memberikan pelayanan terbaik kepada  peserta didik sesuai dengan tuntutan dan perkembangan teknologi. Tulisan ini mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran  dalam peningkatan mutu kompetensi kejuruan di SMK IT NW Pujut.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber alamiah sebagai sumber data penelitian. Untuk mengumpulkan data disesuaikan dengan fokus pada pertanyaan serta tujuan penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan kajian dokumen. Untuk mengungkapkan makna perilaku para informan peneliti mewawancarai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pengurus yayasan, dan komite sekolah. Untuk teknik analisis data terdiri dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan.

Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan mutu pembelajaran di SMK IT NW Pujut dimulai dapat meningkatan mutu kompetensi siswa. (2) Pengorganisasian kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kualitas layanan pada kompetensi siswa kejuruan. (3) pelaksanaan mutu pembelajaran di yang dilaksanakan oleh guru dengan dukungan media dan alat akan menghasilakn mutu pembelajaran efektif dan efesien. (3) pengawasan mutu pembelajaranyang dilaksanakan berkesimbungan dapat menjaga stabilisasi mutu kompetensi yang diterapkan.


Keywords


Manajemen, Mutu, Pembelajaran, Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Deni Koswara, Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Sebuah pendekatan baru dalam pengelolaan sekolah untuk peningkatan mutu, (Dirjed Dikdasmen.1999

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, karakteristik dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosda karya, 2002

Moleong, J. Lexy, Strategilogy Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005)

Nawawi, Hadari, Strategi Penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1985).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lalu Edi Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.