PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV TEMA 9 BERBASIS APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3

Slamet Aji Wibowo, H Nursalam, Muhajir Muhajir

Abstract


Pendidikan IPS di Indonesia telah diajarkan sejak lama. Tahun 1975 Pendidikan IPS kali pertama..diperkenalkan..di Indonesia pada. Pada dasarnya IPS mengalami perubahan dan perkembangan mengikuti dengan perubahan zaman. IPS menjadi salah satu mata pelajaran wajib di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada pembelajaran IPS kelas IV Tema 9. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri atas define (pendefenisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Terdapat 28 siswa kelas IV yang terlibat dalam desain uji coba pada penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa dan guru, dan lembar aktivitas siswa serta guru.
Hasil validasi pada aspek materi memperoleh rata-rata 4,8 dengan kategori valid. Aspek penyajian diperoleh rata-rata 4,3 dengan kategori valid. Aspek bahasa memperoleh rata-rata 4,3 dengan kategori valid. Rata-rata respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran yaitu 4,21 dengan kategori sangat baik/praktis. Lembar aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori sangat aktif dan aktivitas guru memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan kategori sangat aktif.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Pembelajaran IPS SD

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Annisa, N., Hasan Saragih, A., & Mursid, R. (2018). Pengembanga Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. 5(2).

Arrozi, D. B., Wahyudi, A. N., & Prayoga, A. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Media Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Lompat Jauh Siswa Kelas V. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 44–50. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.954

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). EVALUASI PEMBELAJARAN. Citapustaka Media.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 2017. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952

Damanik, S. E. (2018). Buku Ajar Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Hasanah, N. (2021). Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul IPS SD/MI Kelas IV (S. Kurniasih, Ed.). PT Bumi Aksara.

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan dalam Perspektif Islam dan Peranannya dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397

Iksan, K. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN.

Inayahtur Rahma, F. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). In Jurnal Studi Islam (Vol. 14, Issue 2).

Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Critical Thinking Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menjawab Tantangan Abad 21. In Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 7, Issue 1).

Jamalia. (2018). Jurnal PGSD Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi Jamalia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 100–105. www.Wikipedia.org,

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran Pada Guru Mts Massaratul Mut’allimin Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72.

Khusnah, N., Sulasteri, S., dan Fitriani Nur Pendidikan Matematika, S., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Alauddin Makassar, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol. VIII (Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Mulyatiningsih, E. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf

Muntahanah, Khairunnisyah, & Pangestu, I. D. (2020). Penerapan Algoritme Fisher Yates Dalam Pembuatan Aplikasi Pengenalan Media Pembelajaran Huruf, Angka, Jenis Warna, Sayuran Dan Buah-Buhan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Smartphone Android. Jurnal Pseudocode, 7.

Patmawati Desti, WS Rustono, & Halimah Momoh. (2018). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-jenis Pekerjaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 308–316.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan Learning Media Based On Articulate Storyline 2 On Drawing Function Graphs Lesson In Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Dimensi, 7(1), 19–35.

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 50. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958

Ramli, M. (2015). M Ramli_Media Pembelajaran - Al Quran. Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23).

Rumiyati, & Tatang. (2014). Kreatif Tematik Kayanya Negeriku Kelas IV (B. S. Hari, Ed.). Penerbit Duta.

Rusdiana, Y. T., & Heryati, H. (2020). Pengajaran Mengunakan Peta Sejarah dan Brosur Melalui Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif , Kreatif dan Menyenamgkan ) bagi Guru di SMP PUTRA MAJU. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i1.295

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D Kajian Teoritis dan Aplikatif (A. R. Abdullah, Ed.).

Setyaningsih, S., Wahyudi, A., & Rusijono. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

Suria, Y., Man, P., Pekalongan, K., Bina, J., Raya, G., 64 Medono, N., Pekalongan Bar, K., & Pekalingan, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1116–1126.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Thiagarajan, S. , S. D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Center for Innovationin Teaching the Handicapped.

Widiantono, N., & Harjono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213

Wirda Ardilla, M., Teguh Hari Wiguno, L., Wibowo Kurniawan, A., Pendidikan Jasmani, J., dan Rekreasi, K., & Ilmu Keolahragaan, F. (n.d.). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health |, 3(4), 2021. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/indexhttp://fik.um.ac.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Slamet Aji Wibowo, H Nursalam, Muhajir Muhajir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.