PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATEMATIKA MATERI POKOK FUNGSI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SANO NGGOANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014.

Rofinus Mato

Abstract


Persoalan yang sering timbul dalam belajar adalah banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan pembelajaran yang diberikan kurang bermakna. Hal ini  berdampak  pada  prestasi  belajar  siswa  yang  masih  rendah. Pembelajaran dengan cara pemberian tugas/latihan yang sering diterapkan oleh guru dapat mengakibatkan  kejenuhan pada  siswa. Salah  satu model  pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk mengkontruksikan pengetahuannya sendiri dan menjadikan pengetahuan bermakna serta relevan bagi siswa adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran  ekspositori. Tujuan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi fungsi kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang tahun ajaran 2013/2014. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa secara klasikal pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 80%, dan meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 88%. Di samping itu, peningkatan aktivitas juga terjadi pada guru maupun siswa. Aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata skor 3,3 berkategori baik dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 3,75 berkategori sangat baik, sedangkan, aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata skor yaitu 2,25 berkategori cukup aktif dan meningkat pada siklus II dengan rata- rata skor yaitu 3,05 berkategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajran ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi Fungsi kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang tahun pelajaran 2013/2014.

References


Annurrahman, 2009. Belajar dan pembelajaran. Bandung: alfabeta.

Anton M. Mulyono. 2001. Makalah Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:CV Pustaka setia.

Arifin, dkk. 2003. “Paradigma Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual”. Makalah Disajikan pada Semina Inovasi Pembelajaran MIPA dalam Era Otonomi Pendidikan di NTB.

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jakarta : depdikbud.

Dimyati dan Mudjiono 1999. Belajar dan Pembelajaran. jakarta. Djamarah, 2008. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardiayana. 2013. Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIC Mts Yusuf Abdussatar Dengan Penerapan Model Pembelajaran kontruktivisme Pada Materi Pokok Segi Tiga Tahun Pelajaran 2010/2013. Skripsi IKIP Mataram.

Moleong LJ 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nasution.1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nurkancana dan Sunartana. 1983. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya:Usaha Nasional.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Rineka cipta:Jakarta

Sudjana. 1991. Teori-teori belajar untuk pengajar. Jakarta: Lembaga.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Sukino/Wilson simangunsong.2006. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Penerbit Erlangga.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta

Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Brorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana.

Winkel, W. S. 1989. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta:Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.