NILAI-NILAI SPORTIFITAS DALAM SENI PERTUNJUKAN PERESEAN MASYARAKAT SASAK LOMBOK

Ali Imran, Wahyu Hananingsih

Abstract


Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan (penjali) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende). Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku SasakLombokNusa Tenggara BaratIndonesia. Petarung dalam Peresean biasanya disebut pepadu dan wasit disebut pakembar. Budaya peresean yang di mainkan oleh masyarakat Lombok suku Sasak terlihat seram dan menakutkan, namun jika ditelusuri lebih mendalam banyak nilai-nilai yang tersimpan dan terkandung didalamnya, antara lain nilai seni, kesatria, persaudaraan, dan nilai sportifitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai sportifitas dalam seni pertunjukan peresean. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survey dan pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Lokasi penelitian berada di desa darek kecamatan praya barat daya kabupaten lombok tengah. Subyek dalam penelitian ini adalah payuguban panji kartike di Desa Darek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai sportifitas dalam seni pertunjukan peresean masyarakat sasak lombok  meliputi sikap yang selalu mengedepankan kejujuran (sikap dan perilaku para pepadu  yang secara jantan mau mengakui keunggulan lawan dan menerimanya dengan lapang dada) sikap yang selalu menghormati lawan tanding atau pepadu lain, selalu taat terhadap aturan pertandingan (rules of game).


Keywords


Nilai-Nilai, Sportifitas, Peresean, Masyarakat Lombok

Full Text:

PDF

References


I Made Ardika Yasa. 2020.Nilai-Nilai Pendidikan dalam Budaya Tarung Peresean di Lombok Barat. E-journal (http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPAH. Nilai-Nilai_Pendidikan_Dalam_Budaya_Tarung_Presean_Di_Lombok_Barat_Perspektif_Agama_Hindu/link/5ec2cc0d92851c11a870c3ca.

Nilai dan pesan moral peresan Lombok. http://bagas420.blogspot.com/2018/05/nilai-dan-pesan-moral-presean-lombok.html. diakses pada tanggal 20 februari 2021 pukul 11.00 Wita.

Peresean Adat Lombok Budaya Sasak yang Unik dan Tradisional. https://www.lomboktourplus.com/peresean-adat-lombok/ . diakses pada tanggal 21 februari 2021 pukul 11.00 Wita.

Suratman, dkk. 2013. Imu Sosial Dan Budaya Dasar . Malang: Intimedia.

Yusuf, M. Peresean Budaya Suku Sasak Yang Lestari .E-Journal (http:// www.e-journal-murahyusuf.info/ 2018/ 02/ peresean-budaya-suku-sasak-yang-lestari.html)




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v6i1.2098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ali Imran, Wahyu Hananingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.