HUBUNGAN PROSEDUR MANAJEMEN KELAS DENGAN KELANCARAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Baiq Rohiyatun, Sri Erni Mulyani

Abstract


Peran  guru  dalam  pengelolaan  kelas  sangat  penting  untuk menciptakan suasana pembelajaran yang berkualitas, secara prinsip, guru memegang dua tugas pokok, yakni pengajaran dan pengelolaan kelas. Guru sebagai tenaga pendidik profesional memiliki peran yang sangat kompleks, tidak terbatas pada kegiatan pembelajaran, guru juga bertugas sebagai administrator, evaluator, konselor. Manajemen merupakan suatu seni untuk mendapatkan segala sesuatu dilakukan melalui orang lain. Proses pembelajaran yang baik akan meminimalkan kemungkinan terjadinya kegagalan serta kesalahan dalam pembelajaran. Guru penting memiliki kemampuan menciptakan kondisi belajar mengajar yang baik dan untuk mencapai tingkat efektivitas yang optimal dalam kegiatan instruksional kemampuan pengelolaan kelas. Manajemen kelas merupakan masalah yang amat kompleks untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan secara efektif dan efisien. umusan masalah penelitian ini apakah ada Hubungan prosedur manajemen kelas dengan kelancaran proses belajar mengajar. Teknik  pengumpulan data  yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 297 orang siswa sedangkan ampel yang digunakan sebanyak 45 orang siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus korelasi diperoleh nilai rhitung  sebesar 0,998, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai rtabel. Dari hasil analisis data rhitung > rtabel ( 0,998 > 0,294) sehingga hipotesis Ha  diterima  dan  Ho  ditolak.  Oleh  karena  itu  hasil  penelitian  ini  signifikan, sehingga  dapat  disimpulkan  bahwa  ada  hubungan prosedur  manajemen  kelas dengan kelancaran proses belajar mengajar

Full Text:

PDF

References


Alwi. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta; Jakarta. Djamarah. S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar, PT. Adimahasyatiah; Jakarta.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta; Bumi Aksara. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar: Bandung; Pustaka Setia.

Herlina, 2007. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa: Jakarta; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif.Surabaya: Unesa University Pers.

Rohiyatun B. 2016. Hubungan Strategi Pembelajaran Berbasis Multikultural Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Smk Pertanian Ishlahul Anam Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. JIME. Volume 1 Nomor 1. ISSN 2442-9511. Hal. 206-217

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Skripsi. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi. Mataram: IKIP Mataram.

Yamin, M dan Maisah. 2012. Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran; Jakarta; Gaun Perdasa Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v2i2.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.