IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK DI WAKTU PANDEMI COVID-19

Ruben Cornelius Siagian

Abstract


Pembelajaran yang dulu dapat dilakukan secara kolektif di satu tempat sekaligus bertatap muka, kini berubah dilakukan secara daring atau virtual disebabkan adanya pandemi covid-19. Belajar lebih mudah serta dapat berliterasi digital dan seharusnya menjadi lebih kaya informasi jika dibandingkan hanya bertatap muka seperti sebelumnya. Namun hal ini tidak demikian, guru dan siswa tidak siap dalam pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya keluhan baik dari guru dan juga siswa. Hampir semua mata pelajaran dijalankan dengan jalur PJJ. Pemanfaatan media yang digunakan juga belum disesuaikan dngan kemajuan dan kecanggihan teknologi. Penelitian ini menggunakan penelitian kajian pustaka dari artikel jurnal. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel yaitu sebanyak 3 artikel dengan topik pembelajaran PJOK masa pandemi di daerah Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan cara pencarian dengan kriteria artikel yang telah dijurnalkan dan terpublikasi. Teknik analisis data menggunakan pemilihan artikel yang telah diunduh, selanjutnya ditampilkan serta menjelaskan hasil penelitian serta penetapan kesimpulan. Berdasarkan kajian kepustakaan di atas dapat disimpulkan bahwa pemelajaran PJOK dapat dilaksanakan dan memiliki potensi untuk terus dilakukan pada masa covid-19 saat ini. Langkah pemelajaran PJOK PJJ dapat dengan memerikan pemelajaran proyek seperti pemanfaatan digital aplikasi video atau melalui aplikasi pembelajaran yang lain.


Keywords


Pendidikan belajar, Pendidikan Jasmani, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Firman, S. . (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES, 2(2), 81–89.

Hasanah, N. . (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196.

Herani, N. . (2021). Pemanfaatan video Pembelajaran pada Mapel Tematik Terpadu di SD saat pandemi covid-19. Edutech, 1(1), 21–31.

Herlina, H. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Komarudin. (2002). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. PT. Remaja Rosdakarya.

Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Sebuah Pandangan Filosofi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3.

Paturusi., A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. PT Rineka Cipta.

Rozi, F. (2022). Penguatan Dasar Pendidikan Jasmani dan Teknologi Pendidikan pada Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(1). https://doi.org/10.37010/pnd.v1i1.552

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi, Pembelajaran dan Masa Depan. Penerbit Nuansa.

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Memberikan Deskripsi Eksplanasi Prediksi Inovasi Dan Juga Dasar Dasar Teoritis Bagi Penengembangan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Wicaksono, L. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak.




DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v7i2.3491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ruben Cornelius Siagian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.