Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Dengan Metode Everyone Is Teacher Here di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Dompu Tahun Pelajaran 2020/2021

Siti Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Dompu Tahun Pelajaran 2020/2021 dan juga untuk mengetahui cara kerja metode Everyone Is Teacher Here sebagai motivasi untuk meningkatkan proses belajar siswa terhadap mata pelajaran Sosiologi. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan beberapa metode pengumpulan data, diantaranya adalah 1) Metode dokumentasi, dilakukan dengan cara meneliti terhadap buku-buku, catatan, arsip-arsip tentang suatu masalah yang berhubungan dengan hal-hal yang diteliti. 2) Metode Observasi, dilakukan dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap obyek yang diteliti. 3) Tes, tes akan diberikan pada pertemuan pertama tindakan (pretes) dan pada waktu pertemuan terakhir (post tes), tes bertujuan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa tentang materi yang berkaitan tentang silabus dan RPP. 4) Daftar Check, untuk mengetahui kerja kelompok dan partisipasi siswa maka guru menggunakan check list yang memuat informasi tentang aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajarnya tersebut. Kemudian metode pengumpulan data diterapkan pada tiga siklus yang bisa dilihat dari keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran. Adapun rata-rata siswa pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 51,5 , pada siklus II nilai rata-ratanya lebih meningkat menjadi 74 dan pada siklus III nilai rta-rata kelasnya tersebut semakin meningkat menjadi 107,4. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode belajar Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar terutama terhadap mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Dompu.


Keywords


Metode Everyone is teacher here, motivasi belajar, proses belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Joko Tri Prasetyo. 2005. Strategi Belajar Mengajar untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia.

Admin, WI. (2008). Laporan Hasil Penelitian Peningkatan Interaksi Pembelajaran Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Di Kelas IX SMP Negeri I Kota Solok, Dengan Tehnik Pembelajaran Everyone Is A Teacher. http://lpmpjogja.diknas.go.id 3 maret 2010

Antonilamini. (2008). Peningkatan Interaksi Pembelajaran Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi di kelas XII IPS SMA YKP Monamas Bontang. http://antonilamini.wordpress.com.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Arikunto Suharsimi, Dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara Azizuddin. (2009). Peningkatan Partisipasi Belajar IPS Melalui Strategi

Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun pelajaran 2008-2009. http://smpn6- mtr.sch.id.

Dimyati, Mujiono.2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik Oemar.1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

J.J. Hasibuan. Moedjiono. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Subi, F. (2009). Strategi Everyone Is Teacher Here dan Index Card Match. http://fikrinatuna.blogspot.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v7i2.3504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.