Analisis Kondisi Fisik Dominan Pemain Futsal Fims Academy Undikma

P. Muhammad Yusuf, Fadli Zainuddin

Abstract


Futsal merupakan permainan yang membutuhkan kondisi fisik yang baik. Kondisi fisik yang baik dibutuhkan dalam memadukan keterampilan teknik, taktik, mental pemain di dalam lapangan permainan. Dengan melihat kondisi fisik merupakan komponen yang dominan dalam permainan futsal, maka dibutuhkan latihan secara khusus untuk meningkatkan kondisi fisik pemain tim Futsal FIMS Academy akan menjalani beberapa turnamen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui secara rinci tingkat kondisi fisik para pemain futsal FIMS Academy. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui tingkat kondisi fisik pemain futsal FIMS Academy. Hasil penelitian tersebut meliputi pengukuran daya tahan vo2 max dengan menggunakan MFT (multy fitnes test) dengan hasil tertinggi 48,4 ml/kg/menit. Berdasarkan kategori norma hasil tersbut masuk kategori baik sekali. Sedangkan untuk hasil terendah 24,5 ml/kg/menit masuk kategori kurang sekali. Pada kecepatan menggunakan tes lari 50 M dengan hasil tercepat 3,66 second. Berdasarkan kategori norma hasil tersebut masuk kategori baik sekali. Sedangkan untuk hasil terendah 5,43 second masuk kategori kurang sekali. Untuk tes kelincahan menggunakan tes shuttle run dengan hasil terbaik 12.14 second. Berdasarkan kategori norma hasil tersebut masuk kategori baik sekali. Sedangkan hasil terendah 16,20 second masuk kategori kurang sekali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melihat sejauh mana tingkat kondisi fisik para pemain futsal FIMS Academy UNDIKMA, hasil kondisi fisik dominan para pemain futsal terdiri dari daya tahan (endurance) berada pada level baik karena lebih dari 50% pemain berada di leve baik dan baik sekali. Untuk kecepatan para pemain berada di level baik karena 70% pemain berada ketegori sedang dan baik sekali. Sedangkan kelicahan para pemain berada kategori sedang karena 50% pemain kategori kurang dan sedang, 50% kategori baik dan baik sekali.


Keywords


Kondisi Fisik, Futsal.

Full Text:

PDF

References


Andi, Prastowo. 2010. Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian. Yogyakarta: Diva Press.

Bompa. (2009). Periodization Theory and Methodology of Training. Sheridan Books.

Depdiknas. (2000). Pedoman dan Modul Pelatihan Kesehatan Olahraga Bagi Pelatih Olahraga Pelajar. Jakarta.

Harsono. (2001). Latihan Kondisi Fisik. FPOKUPI.

Justinus Lhaksana. (2012). Taktik & Strategi Futsal Modern. Jakarta : Be Champion.

Kurniawan, Feri. 2012. Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.

Mahardika, I. M. S. (2016). Metodologi penelitian. Unesa University Press.

Sajoto. 2002. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan kondisi fisik. Semarang : Effhar dan Dahara Prize.

Sugiyanto. (1996). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Guru dan Tenaga Teknis Bagian Penataran Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D II.

Yudianto, Lukman. 2009. Teknik Bermain Sepak Bola dan Futsal. Bandung: Visi 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v7i2.3560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 P. Muhammad Yusuf, Fadli Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.