PELAJARANiMATEMATIKA PADAiMATERI POKOKiPECAHAN SEDERHANAiSISWA KELASiIII SDNi4 SAMBIK BANGKOL TAHUNiAJARAN 2021/2022

Maulida Arum Fitriana, Sukarto Sukarto, Dedi Kiswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode RME (Realistic Mathematic Education) untuk, meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok pecahan sederhana siswa kelas III SDN 4 Sambik Bangkol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Sambik Bangkol pada kelas  III semester 2 tahun pelajaran 2021/2022 dengan subyek penelitiani sebanyak 15 orang siswa,yang terdiri dari, 9 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan naik Kelas (PTK). Adapun data dalam penelitian ini diperoleh dengan instrument berupa lembar observasi untuk mengambil data ,aktivitas belajar  siswa dan guru, sedangkan instrument berupa tes,digunakanauntuk mengambil data hasil belajar siswa. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pada siklus I dari 15 orangi siswa yang mengikuti tes terdapat 9 siswa yang tuntas (60%) dengan nilai rata-rata 68,3. Selanjutnya,hasila pada siklusa II dari 15 siswa yang mengikuti tes terdapat 13 siswa yang tuntas (86,6%) dengan nilai rata-rata 81,6. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode RME (Realistic Mathematica Education) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 4 Sambik Bangkol pada mata pelajaran Matematika materi pokok Pecahan Sederhana.

Penelitianaini bertujuanauntukamendeskripsikanaipenerapan MetodeiRMEa(Realistic MathematicEducation) untuk,meningkatkan hasil,belajar siswaipada mataipelajaranamatematikaamateriapokokapecahanasederhanaaisiswa kelasiIII SDNi4 Sambik Bangkol. Penelitianiini dilaksanakanidiiSDN 4 Sambik Bangkol pada kelasiIII semesteri2 tahunapelajaran 2021/2022 denganisubyek penelitianisebanyak 15,orangisiswa,yang terdiri,dari 9 orangisiswa laki-laki,dan 6 orangisiswaaperempuan. Penelitianiini merupakanaPenelitianaTindakaknaiKelas (PTK).aAdapunadataadalamapenelitianaini diperolehadenganaiinstrumenaberupa lembaraobservasi untukamengambil dataa,aktivitasaibelajara,siswaaidana,guru, sedangkan,instrumenaberupa tes,digunakanauntuk,mengambilaidata,hasilaibelajar siswa.aData yangitelah dikumpulkanitersebut dianalisisidengan rumusiketuntasan individuidan ketuntasaniklasikal. Hasilapenelitianiini,adalah sebagaiiberikut: pada siklusiI dari,15 orangisiswa yang mengikutiites terdapati9 siswaiyang tuntas (60%),denganinilai,rata-rata,68,3. Selanjutnya,hasilaipada,siklusaiII,dari 15isiswa yangimengikuti tesiterdapat 13 siswaiyang tuntas (86,6%) dengan nilaiirata-rata 81,6. Berdasarkanihasil penelitianadi atas dapatadiambil kesimpulanabahwa penerapanimetode RMEi(Realistic MathematicaEducation) dapatameningkatkan hasilabelajar siswaakelas III SDNa4 Sambik Bangkol padaamataapelajaran Matematikaimateri pokokiPecahan Sederhana.

 


Keywords


RMEi(Realistic MathematicaEducation), HasiliBelajar,iMatematika, PecahaniSederhana.

References


Gunawan, Iwan. 2018.aiPenerapan Pembelajaran Realistic MathematicaEducation (RME) UntukaaMeningkatkan Hasil BelajaraaMatematika Siswa KelasaaaV. LombokaaaUtara : STKIPiHamzar.

Kurniawan, Budi. 2016. Penerapan KeterampilanaaProses Dapat MeningkatkanaaHasil Belajar IPAaiPada SiswaaaKelas III. LombokaaaaUtara :aaiSTKIP Hamzar.

Mahanani, Ayu. 2018.aaiUpaya MeningkatkanaiHasil Belajar MatematikaaiMateri Pecahan SederhanaaiaMelalui Media KartuaaPecahan DiaaiKelas III.Diakses di https://www.researchgate.net/publication/330162383. (Diunduh 17 Februari 2021).

Musfirah. 2020. PengaruhiPenerapan Pendekatan Realistic MathematicaEducation (RME) TerhadapaaaaHasil Belajar Matematika.aiSkripsi. Diakses di https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload (Diunduh 17 Februari 2021).

Sucitra, Febrina. 2018.aaiPengaruh Pendekatan Realistic MathematicsiEducation (Rme) TerhadapaaaaHasil Belajar Matematika.Article Januari 2019. Diakses di https://www.researchgate.net/publication/330162383. (Diunduh 17 Februari 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maulida Arum Fitriana, Sukarto Sukarto, Dedi Kiswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.