PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA SISWA KELAS IV SDI BERTINGKAT OEBOBO 2 KOTA KUPANG

Naomi Edy

Abstract


Prestasi  belajar  pendidikan Agama Kristen di SDI Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang Kupang, masih  kurang   maksimal.  Hal  ini  disebabkan  karena  kurang  variatif  dalam penggunaan  metode  yang  diberikan  kepada  siswa.  Guru  masih  banyak menggunakan  metode  ceramah  dari  pada  penggunaan  metode  yang  lain.  Faktor lain kurangnya guru dalam menggunakan sarana dan alat peraga yang telah ada di sekolah. Masalah  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah  tentang  bagaimana penerapan  metode  role playing  untuk  meningkatkan keaktifan dan hasil  belajar  Pendidikan Agama kristen (PAK) pada siswa kelas IV SDI Bertingkat Oebobo 2 Kota   Kupang.  Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan  kelas  ini  adalah:  mengetahui peningkatan prestasi belajar PAK pada siswa IV SDI Bertingkat Oebobo 2 Kota Kupang setelah diterapkannya pembelajaran model Role playing    Penelitian  tindakan  kelas  ini  didesain selama dua siklus dengan materi utama yang disajikan adalah Kuasa Allah dalam penyembuhan melalui Yesus. Penelitian dilakukan di SDI Bertingkat oebobo 2 Kota Kupang pada siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan  tehnik  tes, observasi dan catatan selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar  yang dialami oleh siswa yaitu pada pra peneitian sebesar 68,04% dengan tingkat ketuntasan 44%, meningkat pada akhir siklus I menjadi 76,8 dengan prosentase ketuntasan 76%, dan kemudian meningkat lagi menjadi 81,4 dengan ketuntasan 100% pada akhir siklus II.  Berdasarkan hasil penelitian metode role playing bisa dijadikan sebagai metode yang dapat diterapkan pada mata pelajaran PAK materi pokok Kuasa Allah dalam penyembuhan melalui Yesus dan  mata pelajaran lainnya yang relevan.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain, 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud, 1994. Petunjuk pelaksanaan belajar mengajar kurikulum. Jakarta

Purwitasari, 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Role playing Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keantusiasan, Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Banjarsari Pacitan. (online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TEP/article/view/1191, diakses tanggal 28 Sepember 2014).

Roestiyah N. K, 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Saputra, 2015. Penerapan Metode Role playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kecemen, Manisrenggo, Klaten . Jurnal mahasiswa UNY tersedia Pada http://journal. student.uny.ac.id/ jurnal/artikel/13192/99/1359, diakses tanggal 16 September 2014.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

UU No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.