HUBUNGAN KELENTUKAN DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA KLUB RED WOOD FC MATARAM TAHUN 2016

Nurdin Nurdin

Abstract


Sepak bola adalah permainan yang menantang secara fisik dan mental. Dapat melakukan gerakan yang terampil di bawah kondisi permainan yang waktunya terbatas. Masalah yang peneliti temukan pada Klub Red Wood FC Mataram adalah kurang maksimalnya kelentukan togok, kelincahan pemain khususnya dalam  keterampilan menggiring bola. Adapuntujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Apakah ada hubungan kelentukan dan kelincahan terhadap keterampilan menggiring boladalam permainan sepak bola pada Klub Red Wood FC Mataramtahun 2016.Rancangan penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah korelasi ganda.Sampel yang digunakan adalah mengambil seluruh populasi menjadi sampel yaitu 16 orang pemain (studi populasi). Metode pengumpulan data dengan dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Dengan menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil analisis data yang diperoleh menggunakan rumus korelasi ganda adalah 1). Karena “r” hitung > ”r” tabel (0,644>0,497) maka hubungan antara kelentukan (X1) dengan keterampilan menggiring (Y) signnifikan 2). Karena “r” hitung > ”r” tabel (0,619>0,497) maka hubungan antara kelincahan (X2) dengan keterampilan menggiring (Y) signnifikan 3). Karena “r” hitung > ”r” tabel (0,707>0,497) maka hubungan antara kelentukan (X1) dan kelincahan (X2) dengan keterampilan menggiring (Y) signnifikan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hulfian, 2014. Kondisi Fisik dan Tes Pengukuran Dalam Olahraga. Mataram: Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Halim, Ichsan Nur. 2011. Tes dan Pengukuran Kesegaran Jasmani. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Luxbacher, Josep A. 2012. Sepak Bola. Jakarta :Raja Grafindo Persada.

Mielke, Dani. 2007. Dasar-dasar Olahraga Sepak Bola. bandung: Intan Sejati.

Maksum, Ali. 2009. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Fakultas Ilmu Keolahragaan-Universitas Negeri Surabaya.

Nurhasan, 2001.Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Penerapanya. Jakarata: Depdiknas.

Riduwan. 2010. Belajar Mudah PenelitianPemula. Bandung: Afabeta.

Tim. 2011.Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah.Mataram: IKIP Mataram




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v1i1.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mandala



Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.