PENGARUH LATIHAN FOOTWORK BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP KELINCAHAN DAN DAYA TAHAN SEKOLAH ATLET PB. LYANSA 2019

Lalu Sapta Wijaya Kusuma, Aminullah Aminullah

Abstract


Salah satu bentuk latihan yang paling sering diterapkan dalam latihan bulutangkis adalah shadow movement (latihan bayangan), latihan ini bertujuan untuk mensimulasikan permainan bulutangkis untuk melakukan olah kaki (footwork) secara baik dan benar. Namun bentuk latihan tersebut terbilang sudah cukup klasik di dunia bulutangkis sehingga perlu adanya formula dan media khusus yang dapat memberikan motivasi dan semangat baru ketika atlet berlatih. Sehingga dalam hal ini peneliti mencoba menerapkan latihan berbasis teknologi sebagai pengganti shadow movement. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidak latihan footwork berbasis teknologi dalam mengingkatkan kelincahan dan daya tahan atlet bulutangkis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menerapkan pretest dan posttest pada subjek yang diteliti berupa tes awal sebelum dan tes akhir berupa tes kelincahan dan daya tahan. Intrumen kelincahan dilakukan Tes rangkaian olah kaki untuk mengukur kelincahan gerakan kaki yang melangkah ke depan kanan-kiri, ke samping kanan-kiri, dan belakang kanan-kiri dalam permainan bulutangkis. Tes ini dikemukakan oleh Tohar (1992). Tes ini mempunyai validitas sebesar 0,98 dan reliabilitas sebesar 0,93. Sedangkan untuk mengukur daya tahan digunakan bleep test. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 pemain bulutangkis PB. Lyansa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes perbuatan untuk mengukur kelincahan dan daya tahan. uji-t paired sample test. Adapun hasil penelitian berkesimulan dengan bantuan SPSS adalah korelasi maupun uji paired samples T-test hasil kelincahan (r-hitung = 0,801 dan T-test = 8,095) lebih kecil pengaruhnya dibandingkan dengan daya tahan (r = 0,959 dan T = 9,706), atau dengan kata lain latihan footwork berbasis teknologi lebih berpengaruh terhadap daya tahan dari pada kelincahan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan footwork berbasisi teknologi dapat meningkatkan kelincahan dan daya tahan pemain bulutangkis khususnya atlet PB. Lyansa Masbagik tahun 2019.


Keywords


footwork berbasisi teknologi, kelincahan dan daya tahan dalam permainan bulutangkis.

Full Text:

PDF

References


Herman, S., 2004. Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Bulutangkis. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.

Kridiyana, R., 2010. Merangsang Gerak Reaksi Olahragawan Bulutangkis Dengan Menggunakan Bola Lampu. Sumber: https://ratihkrisdiyana.wordpress.com/2010/12/15/merangsang-gerak-reaksi-olahragawan-bulutangkis-dengan-menggunakan-bola-lampu/. (Artikel, posted on Desember 15. 2010). Diakses tanggal 7 Maret 2019.

Maksum, A., 2009. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya. Unesa University Press.

Muthiarani, A., 2017. Pengaruh Latihan Shadow Menggunakan Langkah Berurutan Dan Langkah Bersilangan Terhadap Kelincahan Footwork Atlet Bulutangkis PB. Wiratama Jaya Yogyakarta. Fakultas ilmu Keolahragaan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraha, Febby. 2015. Pengembangan Sinyal Lampu 3 Warna Untuk Alat Bantu Kelincahan Footwork Pada Klub PB. Mandiri Pati Tahun 2015. Fakultas Ilmu Keolahragaan: Universitas Negeri Semarang.

Nurhasan, 2000. Tes Dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Jakarta: Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nugraha, F., 2015. Pengembangan Sinyal Lampu 3 Warna Untuk Alat Bantu Kelincahan Footwork Pada Klub Pb.Mandiri Pati Tahun 2015 (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Purnama, S. K., 2010. Kepelatihan Bulutangkis Modern. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sujianto, E. A., 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Nugraha, Febby. 2015. Pengembangan Sinyal Lampu 3 Warna Untuk Alat Bantu Kelincahan Footwork Pada Klub PB. Mandiri Pati Tahun 2015. Fakultas Ilmu Keolahragaan: Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lalu Sapta Wijaya Kusuma, Aminullah Aminullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.