PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUDIO VISUAL SITUS BATU PAHA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 WERA

Roni Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk :1) mengetahui penerapan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual situs batu paha untuk meningkatkan rasa kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Wera, 2) mengetahui pengembangan media pembelajaran sejarah dan 3) mengetahui efektifitas penggunaan media audio visual situ batu paha dalam meningkatkan rasa kesadaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) Tahap studi pendahuluan, 2) Tahap pengembangan media dan 3) Tahap uji efektifitas penggunaan media pembelajaran sejarah yang berbasis audio visual situs batu paha untuk meningkatkan rasa kesadaran sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Wera. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran sejarah adalah: 1 berdasarkan hasil observasi yang diperoleh bahwa media yang digunakan oleh guru sejarah dalam proses kegiatan belajar mengajar  yaang berupa, power point, film dokumenter sejarah, adiovisual dan meniatur-meniatur benda-benda peninggalan sejarah, 2) media pembelajaran sejarah yang berbasis audio visual situs batu paha, melalui beberapa langkah yaitu: a) menyusun media pembelajaran, b) menyusun materi/ narasi audio visual, c). gambar-gambar situs batu paha, d) menyusun vidio yang telah di kumpulkan, e) membuat story board, f) Uji coba projek secara internal dan 3) efektivitas penggunaan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual menunjukan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis audio visual lebih baik kalau di bandingkan siswa yang menggunakan media power point. Penggunaan media audio visual situs batu paha dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam memahami sejarah lokal.

Keywords


Media Audio Visual, Kesadaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Achmad Munib, dkk, 2004, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang: UPT UNNES PRESS.

Azhar Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Borg W.R. and Gall M.D. 2003. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan (Cetak ke-7). Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hujair AH.Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Ismaun.2005. Pengantar Belajar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan. Bandung: Historia Utama Press.

Nusa Putra. 2013. Research & Development (Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Oka A Yanti, 1985. Budaya Tradisional Yang Nyaris Punah Bacaan Popular Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta. Depertemen pendidikan dan kebudayaan.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Roni Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.