ANALISIS SIKAP DAN MUATAN PEMBELAJARAN IPA PADA TEMA EKOSISTEM KURIKULUM 2013 KELAS V SERTA POTENSI BUDAYA LOKAL PENDUKUNG PEMBELAJARAN

laili alfi rahmatin, A.A.I.N. Marhaeni, I.M. Gunamantha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran IPA serta potensi budaya lokal pendukungnya dalam kurikulum 2013 tema Ekosistem di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan pencatatan dokumen dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah budayawan, guru kelas 5 sekolah dasar, guru SBdP, dan orang tua siswa kelas 5.Hasil penelitian pada buku guru dan buku siswa tema Ekosistem menunjukkan bahwa:(1) sikap spiritual yang muncul adalah ketaatan beribadah, berprilaku syukur, dan toleransi dalam beribadah; (2) sikap sosial yang muncul adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri, (3) muatan pembelajaran IPA yang muncul adalah Lingkungan, alam semesta dan sumber daya alam, dan (4) nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap pada tema Ekosistemyaitu, beberapa jenis permainan tradisional, cerita anak (satua), bernyanyi (magending), mengucapkan salam, dan kegiatan sembahyang (mebanten). Selanjutnya dari hasil temuan-temuan tersebut juga dihasilkan prototipe buku cerita anak berbasis budaya lokal pada tema Ekosistem kelas V sekolah dasar.

Keywords


budaya lokal, buku cerita, sikap.

Full Text:

PDF

References


Ariantini,N. P., Suandi, I. N., & Sutama, I. M. 2014. Impelementasi Pengintegrasian Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. E-jurnal. Program pascasarjana UNDIKSHA program studi Bahasa. Volume 3 tahun 2014.

Fathurrahman, M. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Guna, I G M. 2014. Made Taro Mendongeng dan Bermain Sepanjang Waktu. Yogyakarta : Media Kreatifitas Yogyakarta.

Gunarti, W. 2015. Metode Pengembangan Perilaku dan Komponen Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gunawan. I. 2016. Pendidikan Karakter. Malang: Universitas Negeri Malang.

Husni, R. Dan Maila. 2012. The Use of Stories as Moral Education fo Young Children. International Journal. of Social Sciences and Humanity, Vol 2 No.6 November 2012

Marhaeni, A.A.I.N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud No 21 Tahun 2016. tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Santrock, J. W. 2014. Psikologi Pendidikan Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika

Setiawan, R. (2016). Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Satgas Gerakan Literasi Sekolah Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sudana dan Astawan. 2013. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Sutrisno. 2016. Menyongsong Kurikulum 2013 Jilid Dua. http://www.pontianakpost.co.id/menyongsong-kurikulum-2013-jilid-dua. Diunduh pada tanggal 28 Desember 2016.

Windari. N. K. A. 2015. Metode Pengembangan Prilaku dan Komponen Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka

Zubaidah. E. 2013. Pemilihan Nilai Karakter dalam Cerita Anak dan Tehnik Penceritaannya. Jurnal. Pendidikan Anak. Vol. II edisi 2 Desember 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 laili alfi rahmatin, A.A.I.N. Marhaeni, I.M. Gunamantha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.