Germas Covid-19 Bersama Ibu-Ibu Warga Dusun Ireng Lauk Desa Jatisela

Nofisulastri Nofisulastri, Nurdin Nurdin

Abstract


Wabah virus Covid-19 telah menjadi pandemic dunia dan memasuki Indonesia sekitar awal tahun 2020. Langkah-langkah penanggulangan terpadu termasuk keterlibatan seluruh komponen masyarakat perlu dilakukan dengan menggali potensi yang dimiliki masyarakat agar berdaya dan mampu berperan serta mencegah penularan Covid-19. Bentuk Pendekatan kesehatan masyarakat yang dapat dilakukan berupa kegiatan GERMAS melalui pendekatam keluarga. Kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk sinergitas kegiatan KAGAMA NTB dengan melibatkan dosen Undikma untuk memberikan sosialisasi terkait Covid-19 dan GERMAS mencuci tangan dan hidup sehat. Tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan tertanggal 11 sampai dengan 25 April 2020 meliputi communication, design, execution, dan disseminate. Sasaran kegiatan adalah ibu-ibu PKK perwakilan dusun Ireng Lauk sebanyak 10-15 orang. Kegiatan pengabdian dilaksanakan beberapa sesi yaitu sesi sosialisasi materi,  sesi pelatihan GERMAS (gerakan mencuci tangan sehat dan senam imun), sesi tanya jawab dan quiz berhadiah, dan diakhiri penutupan berupa senam bersama dan pembagian souvenir. Kegiatan berlangsung cukup lancar dengan antusiasme peserta yang melebihi permintaan dan kegiatan berlangsung waktu yang cukup panjang pada sesi tanya jawab.

 


Keywords


Germas, Covid-19, Ireng Lauk

Full Text:

PDF

References


Anugerah M. F., Husnah, Yulianti W., Juariah S., (2019). Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun di SDN 128 Pekanbaru Kelurahan Rantau Panjang Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(3), 182-186.

BPS Lombok Barat, (2019). Kecamatan Gunung Sari Dalam Angka: Gunung Sari Subdistrict in Figures. Katalog BPS. Lombok Barat

Fauzie M, Kholisya U., Wijayanto C.S., (2018). Membatik Untuk Anggota Majelis Taklim Salsabila Al Barokah Di Lebak Jakarta Selatan. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 01(2)

Juanita E., Handayani E.Y., Alfiah L.N., (2020). GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Desa Rambah Hilir. Jurnal Kumawula, 3(1), 100 – 105.

Kemkes RI., (2020). Buku Pedoman RT/RW Pencegahan COVID. Diaskes pada tanggal 09 April 2020, web: http//www.promkes.kemkes.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v2i1.1332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nofisulastri Nofisulastri, Nurdin Nurdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats