Workshop Evaluasi Terhadap Sekolah Khusus Olahragawan PPLP NTB

Soemardiawan Soemardiawan, Susi Yundarwati

Abstract


Workshop evaluasi terhadap sekolah khusus olahragawan PPLP NTB, PPLP NTB merupakan salah satu wadah untuk  atlet di Nusa Tenggara Barat. Sekolah ini didirikan sebagai wahana Training Center calon atlet agar memiliki prestasi yang memuaskan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Desain evaluasi menggunakan model CIPP (Contex, Input, Proces, dan Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1985). Model ini memiliki kelebihan dibandingkan model lainnya karena dapat melihat keberhasilan program secara lebih komprehensif, tidak hanya melihat keberhasilan program dari tujuan semata, tetapi mulai dari konteksprogram, input, proses, dan produk secara menyeluruh. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa: angket, wawancara dan dokumentasi. Metode ini digunakan untuk menggali data (indepht) yang lebih mendalam yang tidak diperoleh dari pertanyaan dalam angket. Wawancara ditujukan kepada kepala sekolah, pelatih, guru, alumni, dan siswa guna melengkapi data yang digunakan dalam angket. Dokumentasi digunakan untuk menjaring data, meliputi: latar belakang (karakteristik) pelatih, guru, data nilai akhir ujian nasional siswa, prestasi olahraga yang diraih atlet, latar belakang siswa (cabang olahraga, asal daerah). Hasil akhir dari kegiatan penelitian pengabdian ini  adalah sebagai wahana Training Center calon atlet agar memiliki prestasi, pembangunan bidang olahraga dilaksanakan melalui berbagai program kegiatan, baik yang bersifat olahraga massal, pembibitan, maupun prestasi. Untuk mendorong keberhasilan olahraga ditanah air, pemerintah telah memberikan kesempatan dan layanan pendidikan kepada segenap pemuda untuk mengikuti pendidikan olahraga bagi yang memiliki bakat olahraga melalui sekolah atlet sekolah khusus olahragawan PPLP NTB didaerah mataram yaitu jalan Pemuda Gomong Mataram.

Keywords


Workshop, evaluasi, Sekolah Khusus Olahraga, PPLP NTB.

Full Text:

PDF

References


Mylsidayu dan Kurniawan. Kepelatihan Olahraga. Jakarta : PT Persada, 2015.University Press,2012.

Tangkudung, James. Kepelatihan Olahraga (Pembinaan Prestasi Olahrga). Jakarta: Cerdas Jaya, 2006.

Tangkudung.J. Kepelatihan Olahraga” Pembinaan Prestasi Olahraga” Edisi II. Jakarta: Cerdas Jaya. 2012

Tangkudung, James. Ilmu Faal Olahraga. Cipta Jaya 2006.

Undang-undang No.23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan & Undang-undang No.29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran", VisiMedia, 9791043604, 9789791043601.

World Health Organization (2005). Promoting Mental Health: Concepts, Emerging evidence, Practice: A report of the World Health Organization, Department of Mental Health and Substance Abuse in collaboration with the Victorian Health Promotion Foundation and the University of Melbourne. World Health Organization. Geneva.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v2i1.1400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Soemardiawan Soemardiawan, Susi Yundarwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats