Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Kekalik Jaya Kecamatan Sekarbela Kota Mataram

Supriadin Supriadin, Muhammad Ikhsan

Abstract


Pelatihan kewirausahaan bagi pelaku UMKM di Kelurahan Kekalik Jaya, Kecamatan Sekarbela Kota Mataram bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha pelaku UMKM agar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan kesempatan kerja, peningkatan ekspor dan peningkatan daya saing, sementara itu pengembangan usaha skala mikro diarahkan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan pendapatan masyarakat berpendapatan rendah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara tatap muka yang diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM yang masuk di wilayah Kelurahan Kekalik Jaya, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan. Sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan pelatihan dan diskusi yang berkaitan dengan materi pengembangan kewirausahaan bagi pelaku UMKM. Berdasarkan uraian pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, dapat disimpulkan bahwa partisipasi peserta pengabdian sebesar 100%. Peserta aktif bertanya dan mendengarkan berbagai hal tentang materi yang telah diberikan sampai kegiatan pelatihan kewirausahaan dan meningkatkan pengetahuan manajemen pemasaran berakhir. Peserta mengharapkan agar program serupa diadakan kembali dengan program pelatihan kewirausahaan dan meningkatkan pengetahuan manajemen pemasaran tingkat lanjut dan keterampilan memasarkan hasil barang dengan baik dan efektif.


Keywords


Pelatihan, Kewirausahaan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Agustina, Tri Siwi. 2015. Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM di di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Gitosudarmo, Indrianyo, 2000. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE

Siagian, 2008, Manajemen Stratejik. Yogyakarta: Deepublish.

Noor, Zulki Zulkifli, 2019. Model Pemasaran Sinergisitas Human Capital dan Teknologi Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Mulyana, Nandang, Ishartono. 2018. Pelatihan Wirausaha Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Desa Sakerta Barat Dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Prosiding KS Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Departemen Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v4i1.3574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats