Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Dengan Permainan Kartu Bioma Pada Siswa Kelas V SDN Murbaya Tahun Pelajaran 2019 /2020

Suhirman Suhirman

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN  Murbaya  yang berjumlah 18 orang Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Data dianalisis  secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal ≥80% siswa telah mencapai KKM yaitu 70 dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan tiap siklusnya. Berdasarkan kedua data tersebut diatas  maka  terlihat peningkatan hasil belajar yang signifikan  pada siklus  dengan menggunakan permainan kartu bioma diperoleh  nilai rata – rata sebesar  67 kemudian pada siklus II memperoleh nilai rata – rata sebesar 83 terjadi peningkatan sebesar 16 poin, kemudian jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I  sebanyak 10 siswa dengan persentase sebesar 55 % kemudian  pada siklus II jumlah siswa  yang tuntas  sebanyak 16  siswa dengan persentase ketuntasan sebesar   88% terjadi peningkatan sebesar  33 poin, dengan demikian semua indikator keberhasilan yang dipatok  telah berhasil dicapai,  maka penelitian ini dihentikan sampai pada siklus II. Dengan demikian  dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan permainan kartu bioma d apat meningkatkan hasil belajar IPA materi ekosistem  pada siswa kelas V SDN Murbaya  tahun pelajaran 2019 / 2020


Keywords


Hasil Belajar IPA dan permainan kartu bioma

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Suhirman Suhirman



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.