Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik KelasVIII.D Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Strategi Think Pair Share Dengan Media Make A Match Di SMP Negeri 16 Mataram

Katmi Wahjuni

Abstract


. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model  pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) Plus Make a Mach dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  peserta didik pada mata pelajaran PKn . Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan  manfaat bagi peserta didik, guru maupun sekolah. Hasil penelitian pada siklus pertama , proses pembelajaran mengalami beberapa kendala meskipun berjalan sesuai skenario pembelajaran yang direncanakan, namun aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran TPS Plus hanya mencapai skor 19 dari 32 skor maksimal  ( 59,38 % ) tahapan pembelajaran dengan kategori cukup aktif .Dan aktivitas belajar siswa hanya mencapai skor 20 dari 32 skor maksimal (62,5%) dengan kategori cukup aktif. Hasil evaluasi  (hasil belajar) siswa hanya mencapai 54,55% siswa yang tuntas belajar (nilai ≥ KKM). Sedangkan pada siklus kedua proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan menyenangkan sesuai skenario pembelajaran yang diharapkan, dimana aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran TPS Plus telah mencapai skor 29 dari 32 skor maksimal yang telah ditetapkan (90,63%) dengan kategori sangat aktif. Dan aktivitas belajar siswa telah mencapai skor 28 dari 32 skor maksimal  (87,50 % ) dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar (hasil evaluasi) siswa juga megalami peningkatan yang mencapai kriteria ketuntasan kelas sampai 93,68 dan telah 95% siswa mendapat nilai tuntas (nilai ≥ KKM).


Keywords


Aktivitas , Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Plus (Divariasikan Dengan Model Pembelajaran Make A Match)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Katmi Wahjuni



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.