Permainan Playdoh dalam Peningkatan Kreativitas Anak

Mario Erick Wantah, Siti Fathimah

Abstract


Pendidikan berkualitas yang ditanamkan kepada anak semenjak usia dini merupakan salah satu kunci untuk membentuk manusia yang berkualitas baik mental maupun intelektual yang salah satunya dapat diraih melalui pengembangan kreativitas dengan menggunakan permaian Playdoh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana permainan Playdoh dapat meningkatkan kreativitas anak di TK GMIM Bethesda Sawangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus yang dilaksanakan di TK GMIM Bethesda Sawangan, Kabupaten Minahasa Utara yang beralamat di Desa Sawangan. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah anak-anak di TK GMIM Bethesda Sawangan, Kelompok B Semester II tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 24 anak (9 anak laki-laki dan 15 anak perempuan dengan usia 4-6 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain playdoh di TK GMIM Bethesda Sawangan tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan kreativitas anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil persentase kreativitas anak baik dalam siklus I maupun siklus II. Hasil tersebut dapat dilihat pada siklus I total rata-rata sebanyak 18,46 (75,58%) meningkat dan menjadi 20,6 (93,57%) pada siklus II. Secara umum, peningkatan kreativitas anak melalui permainan playdoh dapat terlaksanan dengan efektif dan menunjukkan peningkatan yang positif.

Keywords


kreativitas, playdoh, bermain, pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Mario Erick Wantah, Siti Fathimah



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.