Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Remaja Di Karawang

Janisa Kusumawati

Abstract


Latar Belakang:Permasalahan-permasalahan yang sering menjadi isu-isu sosial dan klinis yang beresiko dikalangan remaja adalah masalah seks bebas, kehamilah yang tidak diinginkan, aborsi, infeksi menular seksual (IMS), HIV/AIDS, kekerasan seksual, Narkoba dan Napza, masalah-masalah ini terjadi karena kurangnya pemahaman remaja tentang Agama Islam.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan rancangan cross-sectional study. Penelitian ini dilakukan terhadap 79 remaja di Kabupaten Karawang. Teknik random sampling digunakan untuk memenuhi kebutuhan besar sampel minimal. Analisis data terdiri dari dua tahap. Analisis univariat dilakukan dengan menyajikan deskripsi sosiodemografi responden seperti jenis kelamin dan usia. Analisis korelasi dilakukan melalui uji chi’s square dengan tingkat kemaknaan p<0,05.

Hasil: Remaja dengan pengetahuan agama Islam yang kurang memiliki karakter buruk sebanyak 46,83%, remaja yang berpengetahuan agama Islam cukup dengan karakter buruk sebanyak 5,06%, dan remaja berpengetahuan agama Islam yang yang baik dengan karakter buruk sebanyak 6,32%,sedangkan remaja dengan pengetahuan agama Islam yang baik dan karakter baik sebanyak 26,58, dan remaja dengan pengetahuan agama Islam cukup dan karakter baik sebanyak 5,06%, dan remaja dengan pengetahuan agama Islam kurang namum memiliki karakter baik sebanyak 10,21. Hasil analisi menggunakan chi square didapatkan nilai p value 0,03 <0,05.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini dapat kita simpulkan bahwa pendidikan agama Islam sangat berperan dalam pembentuka  karakter remaja, dikarenakan pendidikan agama Islam merupakan dasar atau pedoman kehidupa yang mutlak bagi umat Islam. Dengan memberikan pendidikan agama Islam yang baik dimulai dari keluarga maka remaja akan memiliki bekal yang lebih baik untuk menilai dan memilah pergaulan yang lebih baik dan sesuai dengan aturan dan norma dalam agama Islam

 

 


Keywords


Pendidikan, Agama Islam, Karakter, Remaja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Janisa Kusumawati



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.