Kesesuaian Pengangkatan Pejabat Struktural Pada Pemerintah Kota Makassar

Arpin Arpin, Andi Agustang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar tingkat kesesuaian dan ketidaksesuaian pengangkatan pejabat struktural pada Pemerintah Kota Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif, metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah tabulasi (tabel frekuensi), persentase dan kategorisasi dengan skala likert. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penelitian terhadap SK Walikota Makassar Nomor 4 Tahun 2002 tentang pengangkatan pegawai atau penempatan aparatur pada jabatan eselon II, eselon III eselon IV dalam lingkup organisasi Sekretariat Daerah Kota Makasssar ditemukan ketidaksesuaian dengan kriteria job spesification atau persyaratan jabatan. Hal yang sama juga diperoleh dar penilaian responden bahwa terdapat ketidak-sesuaian pengangkatan pejabat struktural dengan job spesification pada ketiga tingkatan jabatan eselon II, eselon III dan eselon IV. Secara keseluruhan, penilaian ketidak-sesuaian penempatan aparatur dalam jabatan dengan job spesification terutama terdapat pada persyaratan keahlian.

Demikian pula terhadap penilaian tingkat kemampuan sumber daya aparatur eselon II,eselon III, dan eselon IV dengan job spesification terdapat pada tingkat keahlian dan tingkat pendidikan.

Penilaian keadaan penempatan sumber daya aparatur yang tidak sesuai menurut SK Walikota Makassar No. 4 Tahun 2001 dengan job spesification meliputi: keahlian dan golongan kepangkatan untuk eselon II, golongan kepangkatan dan keahlian untuk eselon III, golongan kepangkatan dan keahlian untuk eselon IV.

Penilaian ketidak-sesuaian tingkat kemampuan dengan penempatan sumber daya aparatur dalam jabatan terdapat pada tingkat pendidikan, pelatihan, minat serta keahlian. Sedangkan penilaian ketidak-sesuaian tingkat kemampuan sumber daya aparatur dengan job spesification terhadap ketiga tingkatan eselon II, eselon III, dan eselon IV juga terdapat pada tingkat keahlian yang dimiliki.

Secara umum terdapat kesamaan antara penilaian responden dengan hasil analisis bukti-bukti sekunder mengenai penempatan dan kemampuan sumber daya aparatur dengan job spesification pada ketiga tingkatan jabatan eselon II, eselon III, dan eselon IV dalam lingkup organisasi Sekretariat Daerah Kota Makassar.


Keywords


Analisis, Pengangkatan, Pejabat Struktural, Kota Makassar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Arpin Arpin, Andi Agustang



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.