Strategi Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekonomi Kreatif Di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kec. Gunungsari Kabupaten Lombok Barat

Rosdianah Ladiva

Abstract


Dalam penelitian ini, peneliti fokus membahas tentang Strategi Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kec. Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh ketua pengelola Kedai Taman Langit dalam memajukan unit usaha tersebut.

Hasil dari penelitian yang diperoleh ialah: Strategi yang gunakan oleh pengelola dari kedai taman langit Pertama, strategi branding dengan menggunakan flastfom digital seperti Instagram dengan nama instagramnya @tamanlangit_lombok, Kedua pelibatan komunitas Fotografer dalam mempromosikan kegiatan/event yang ada di kedai tersebut, Ketiga Pelibatan Steak holder seperti Dinas Pariwisata dan Badan Pendapatan Daerah adalah mitra strategis dalam memajukan kedai taman langit ini seperti untuk mendapat ijin dan lain sebaginya.

Implikasi dari penelitian ini ialah agar Pondok pesantren diluarsana dalam usaha menciptakan peluang ekonomi kreatif baru bisa mengadopsi apa yang sudah dilakukan ketua pengelola kedai taman langit dan tim dan menjadi rujukan bagi promosi wisata yang dapat membangkitkan pariwisata khusu di Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB kedepannya.


Keywords


Strategi Pengelolaan, Ekonomi Kreatif, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Rosdianah Ladiva



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.