Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 30 Mataram Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Dengan Menerapkan Metode Permainan Kelompok Bergerak

Rosalina Rosalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pembelajaran permainan kelompok bergerak dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Peserta didik kelas VI SD Negeri 30 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningktakan aktifitas dan hasil  belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,61) dan hasil observasi peserta  didik  mencapai skor rata-rata (4,50). Sedangkan hasil belajar peserta didik adalah  mencapai nilai rata-rata (88,81), artinya indikator keberhasilan (> 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

 


Keywords


Aktifitas dan hasil Belajar-Permaian Kelompok Bergerak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v3i2.723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.