Pemanfaatan Protein Hewani Melalui Pengolahan Nugget Ikan Tuna Di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara

Febriana Muchtar, Hartati Bahar, Hariati Lestari

Abstract


Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Buton Utara dengan sektor perikanan sebagai sektor unggulan, dan merupakan wilayah sentra pengolahan ikan asap. Potensi perikanan yang dimiliki dapat memberikan manfaat finansial bagi penduduk setempat. Ikan memiliki potensi zat gizi yang sangat penting, khususnya sebagai sumber protein. Telah terbukti bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang berkualitas. Tujuan pelaksanaan Kegiatan Pengabdian pada masyarakat di Desa Malalanda Kecamatan Kulisusu adalah memberikan pengetahuan tentang diversifikasi pangan sumber protein hewani berbahan dasar ikan tuna dan meningkatkan nilai tambah produk olahan ikan tuna. Metode pelaksanaan pengabdian melalui penyuluhan pembuatan nugget ikan tuna yang  diawali dengan observasi dan sosialisasi. Pelaksanaan kegiatan ini khususnya ditujukan untuk ibu rumah tangga dan remaja putri. Hasil yang diperolah dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah bertambahnya pengetahuan tentang diversifikasi produk berbahan baku ikan tuna. Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan lancar dan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta.


Full Text:

PDF

References


Asrawaty dan If’all. 2018. Perbandingan Berbagai Bahan Pengikat dan Jenis Ikan Terhadap Mutu Fish Nugget. Jurnal Galung Tropika, 7 (1).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton Utara. 2019. Kabupaten Buton Utara Dalam Angka Tahun 2018.

Ekayana, I. M., I Wayan Gede A K, Abd. Rahman A, Irwan J dan Dian N. 2017. Hubungan Hasil Tangkapan Ikan Tuna Selama Februari-Maret 2016 Dengan Konsentrasi Klorofil-a dan SPL dari Data Pengideraan Jauh Di Perairan Selatan Jawa-Bali. Journa of Marine and Aquatic Sciences 3 (1).

Firdaus, M. 2018. Profil Perikanan Tuna dan Cakalang di Indonesia. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Volume 4, No. 1.

Hardoko, Eddy S, Titik D. S dan Alfin A. 2017. Karakteristik Nugget Pindang Ikan-Ampas Tahu yang ditambah Tepung Tulang Ikan Sebagai Sumber Kalsium. Jurnal Sains dan Teknologi, Volume 1, No. 1.

Hendrawati, S dan Irfan Z. 2017. Gambaran Konsumsi Ikan pada Keluarga dan Anak PAUD RW 07 Desa Cipacing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1, No. 2.

Junita, D dan Dini Wulan Dari. 2019. PKM Gemar Makan Ikan untuk Kecerdasan Anak Sekolah di SDN 82/IV Sejinjang Kota Jambi. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) Vol 1, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v2i1.1177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdi Masyarakat



View AbdiMas Stats