Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kesadaran Berkoperasi Anggota Pada Koperasi Pondok Pesantren Al-Mutmainnah

Sri Maryanti, Noni Antika Khairunnisah, Rini Yuliandari, Femi Febrianti, Yuspiadi Yuspiadi

Abstract


Setiap usaha ada kalanya mengalami pasang surut. Begitupula yang dialami oleh koperasi pondok pesantren (Koppontren) Al-Mutmainnah. Kendatipun sudah berjalan lebih dari sepuluh tahun yang lalu tidak membuat Koperasi ini terbebas dari masalah. Sama seperti koperasi pada umumnya, Koppontren ini juga mengalami beberapa permasalahan terkait dengan partisipasi anggota yang lemah. Padahal anggota memiliki peranan yang begitu penting untuk kemajuan sebuah koperasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anggota dalam berkoperasi melalui sosialisasi pendidikan dasar-dasar koperasi. Metode yang digunakan adalah ceramah diskusi dan dibagi kedalam tiga tahapan yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasilnya, kegiatan ini berjalan lancar dan perserta antusias mengikuti acara sampai selesai. Kemudian berdasarkan evaluasi yang dilakukan, terlihat adanya peningkatan pengetahuan, wawasan dan pemahan pada anggota yang dapat meningkatkan kesadaran berkoperasi yang baik sebagai langkah awal untuk mewujudkan loyalitas anggota kedepannya.

Keywords


pemberdayaan, sosialisasi, kesadaran berkoperasi, pendidikan dasar koperasi

Full Text:

PDF

References


Baddarudin. (2005). Modal sosial dan pemberdayaan komunitas Nelayan (Isu-isu Kelautan dan Kemiskinan Hingga Bajak Laut). Pustaka Pelajar.

Beni, S., Manggu, B., & Sensusiana. (2018). Modal Sosial Sebagai Suatu Aspek Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 18–24.

Ellitan, L., & Muljani, N. (2022). Pelatihan Penguatan Kesadaran Berkoperasi Anggota KSP Tirtadana. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 579–587.

Miswanto, M., & Sirait, D. R. I. (2022). Pengaruh personal branding, tingkat kepuasan, trust, dan motivasi berkoperasi terhadap loyalitas anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) “Bina Bersama” Lampung Utara. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(3), 1258–1267.

Saputra, A., & Ardiansyah, M. R. (2021). Strategi Pengembangan Koperasi Serba Usaha (Ksu) Di Kota Medan. Jurnal Administrasi Publik Dan Kebijakan, 1(1). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JAPK

Syaiful, M., Bantun, S., Sari, J. Y., Dalona, A. I. B., & Novriadi, T. (2022). Pendidikan Dasar koperasi (DIKSARKOP) Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Perkoperasian Anggota Koperasi Mahasiswa. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1973

Tumanggor, R. H. (2011). Credit Union Sebagai Usaha Pemberdayaan Masyarakat ( Studi Deskriptif Usaha Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tukka Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbahas) [Thesis, Universitas Sumatera Utara]. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62289

Wetina, O. F., Foenay, C. C., & Amtiran, P. Y. (2021). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Pada Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Benefactor Di Kota Kupang. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 173–185.

Widhiantari, N. M. T., & Wirawan, I. D. G. K. (2022). Pengaruh Motivasi Anggota dan Sikap Anggota Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Serba Usaha Kertasari Sedana Banjar Kertasari Peguyangan Tahun 2020. Arthaniti Studies, 3(1), 6–12. https://doi.org/DOI: 10.5281/zenodo.6395478




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i1.5263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Maryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats