Entrepreneurship Based on Fish Processing at the DDI Islamic Boarding School, Biak Numfor Regency

Iswahyudi Iswahyudi, Edyanto Edyanto, Salehuddin Salehuddin, Hermanu Iriawan

Abstract


Pesantren disamping dibekali dengan pendidikan formal, seharusnya dibekali dengan berbagai keterampilan terutama motivasi dan keterampilan untuk berwirausaha. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah kurangnya keterampilan untuk berwirausaha sehingga pesantren selama ini kebanyakan bergantung pada donasi dari donatur. Dengan adanya pelatihan mandiri akan menghasilkan produk unggulan sehingga nantinya pesantren menjadi mandiri dan mampu bertahan serta mengembangkan potensi yang dimilikinya. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para santri dan pembina pesantren melalui pelatihan produk berbasis pengolahan ikan seperti abon ikan, memberikan motivasi kepada para santri dan pembina pesantren untuk berwirausaha mandiri serta memberikan pelatihan manajemen seperti; manajemen pemasaran dan manajemen produksi. Adapun keunggulan dari produk ikan olahan ini adalah menggunakan bebas bahan kimia. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode praktek, diskusi dan tanya jawab. Rancangan kegiatan meliputi; merumuskan materi pelatihan yang relevan, membuat jadwal pelatihan, menyiapkan alat dan bahan pelatihan, pembagian tugas instruktur, pelaksanaan pelatihan, melaksanakan evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dalam pembuatan abon ikan pada pondok pesantren DDI kabupaten Biak Numfor berjalan dengan baik hal tersebut terlihat dari tumbuhnnya antusias, motivasi dan kreativitas dari warga pondok pesantren untuk ikut pelatihan.  


Keywords


Wirausaha; Olahan Ikan ; Pesantren.

Full Text:

PDF

References


Adibrata, S., Gustomi, A., Syarif, A. F., & Rahmansyah, N. (2022). Implementasi Wirausaha dengan Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dan Pembuatan Produk Olahan Dendeng di Pesantren Daarul Hasanah Balunijuk. Indonesia Berdaya, 3(3), 515–522. https://doi.org/10.47679/ib.2022252

Eka Aprilianty. (2012). Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 311–324.

Eko Agus Alfianto. (2012). Kewirausahaan: Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage, 1(2), 33–42.

Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(1), 58–81. S Juariyah - Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2010 - journal.uny.ac.id

Hermanto, B., Syahril, S., & Kurdi, M. (2020). Pengembangan Keterampilan Wirausaha Bagi Santri Pondok Pesantren Di Pondok Pesantren Modern Al-Ittihad. Jurnal Abdiraja, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.24929/adr.v3i2.902

Ramadibta, R., Manulang, L. H. M., Napitupulu, T. A., & Purnaningsih, N. (2020). Demonstrasi Pengolahan Abon Ikan Lele Sebagai Ide Wirausaha Di Kelurahan Ulak Karang Utara. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(1), 68–74.

Widiastuti, M., Kurnia, R., & Ramadhan, R. (2021). Pengembangan Wirausaha Kelompok Wanita Tani Desa Loa Kulu Kota Melalui Pengolahan Ikan Nila. Pengabdian Perikanan Indonesia, 1(1), 1–6.

Yusuf, A. A., & Hamzah, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Semangat Kewirausahaan terhadap Minat menjadi Wirausaha. Al-Amwal, 8(2), 481–490.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i2.6049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iswahyudi Iswahyudi, Edyanto Edyanto, Salehuddin Salehuddin, Hermanu Iriawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats