Community Empowerment through Training on Composting Based on Plantation and Livestock Waste in Kurrak Village

Najmah Ali, Evi W. Saragih, Budi Santoso, Samsyara Nur, Lukas Y. Sonbait, Dahniar Dahniar

Abstract


Kompos adalah salah satu pupuk organik yang dapat menjamin kesuburan tanah dalam penggunaan jangka panjang. Bahan pembuat kompos dapat berasal dari limbah pertanian yang akan mencegah polusi lingkungan. Kakao dan Kopi adalah dua komoditi perkebunan utama di Desa Kurrak. Kedua komoditi ini menjadi sumber pendapatan utama masyarakat di desa ini. Limbah kedua komoditi ini sangat melimpah dan menjadi issu lingkungan  karena belum ditangani dengan baik. Pencemaran air menjadi isu utama karena limbah kulit kakao dan kopi dibuang ke suangai yang merupakan sumber air bersih untuk masyarakat di Kabupaten Poliwalimandar.  Hal ini dapat menyebabkan pencemaran air dan pendangkalan sungai. Penyuluhan dan pelatihan pembuatan kompos berbahan dasar kulit buah kakao dan kopi dilaksanakan sebagai salah satu solusi penanganan limbah.  Kegiatan ini diikuti 28 orang yang teridir dari petani di kampung Kurrak dan mahasiswa Universitas Sulawesi Barat. Semua peserta mendapatkan pengetahuan pengelolaan limbah dan terlibat secara aktif pada kegiatan praktek pembuatan kompos. Pengetahun peserta kegiatan tentang limbah dan pengelolaan limbah meningkat dari 57% peserta tidak mengetahui bagaimana pengelolaan limbah menjadi 87% peserta paham akan limbah. Demikian halnya juga dalam praktek pembuatan kompos, terjadi peningkatan ketrampilan yang signifikan dimana sebelum kegiatan 88,8 % peserta tidak tau membuat kompos dari limbah kulit kakao dan kopi serta kotoran ternak menjadi 100% peserta dapat membuat kompos secara mandiri. Peningkatan pengetahuan dan skill diharapkan dapat menjadi solusi penanganan limbah kulit kakao dan kopi serta memenuhi kebutuhan pupuk petani di desa Kurrak.


Keywords


Coffee, cacao, waste, husk, pollution

Full Text:

PDF

References


Rahadi, D. R. (2018). "Analisis Sektor Usaha Kecil dan Menengah Menjadi Model Kewirausahaan Sosial Berbasis Ekonomi Kreatif " Firm Journal of Management Studies 3(1): 16-31.

Saragih, E. W., Purwanigsih.,Tethool, Angelina (2021). "Pupuk organik cair berbahan dasar limbah ternak untuk tanaman sayuran." Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(6): 1465-1471.

Saragih, E. W., Santoso, Budi., Purwaningsih (2022). Penerapan Teknologi Tepat Guna Pengolahan Limbah Kotoran Ternak Sapi dan Pelepah Kelapa Sawit Menjadi Briket dan Pupuk Organik Untuk Meningkatkan Ekonomi Petani Peternak Kampung Majemus Distrik Masni Kabupaten Manokwari. Laporan Program Kemitraan Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Papua.

Simanungkalit, R., Suriadikarta, D.A., Saraswati, R., Setyorini, D. dan Hartatik, W. (2006). Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Soeryoko, H. (2011). "Kiat Pintar Memproduksi Kompos dengan Pengurai Buatan Sendiri." Yogyakarta: Lily Publisher.

Sulaeman, A., Bramasta, Dhi., Makhrus, M (2023). "Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA)." Jurnal Literasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat: 87-96.

Sutedjo, M. (2010). Pupuk dan Cara Pemupukan. Jakarta Rineka Cipta.

Trapsila, A. P. (2017). "Pengembangan Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Shodaqoh (ZIS) Berbasis Energi Terbarukan Di Indonesia." El Dinar 5(1): 9-16.

Trisnawati, A. E., Wahyono, Hari.,Wardoyo, Cipto (2018). "Pengembangan desa wisata dan pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3(1): 29-33.

Zulkarnain, Z. (2023). "Participatory Rural Appraisal dalam Strategi Pengembangan Agrowisata Telaga Madiredo." GAES-PACE Book Publisher: 127-138.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i2.6224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Najmah Ali, Evi W. Saragih, Budi Santoso, Samsyara Nur, Lukas Y. Sonbait, Dahniar Dahniar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats