Mental Barrier Detection Application Using Digital Media Android-Based Game Board Integrated CBT

Alfian Martoni, Azmussya’ni Azmussya’ni, Didin Septa Rahmadi

Abstract


Permasalahan dan atau hambatan mental pada anak banyak terjadi, namun terkadang terlambat disadari. Terlebih pada anak yang berkebutuhan khusus tunarungu yang memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membuat prototype aplikasi game board berbasis android terintegrasi CBT dengan akronim E-KONTROL sebagai sarana screening awal untuk mengetahui hambatan dan atau gangguan mental dan emosi mahasiswa berkebutuhan khusus (tunarungu) di UNU NTB. E-KONTROL memiliki fitur screening awal yang dapat mendeteksi gangguan dan hambatan mental pada penggunanya, disamping itu terdapat juga fitur edukasi berupa informasi lanjutan berupa rekomendasi cara mengatasi gangguan dan hambatan mental. Pengabdian ini terlaksana melalui hibah pendidikan khusus kemdibud. Adapun metode pelaksanaan pengabdian ini adalah (1) analisis kebutuhan akan pentingnya deteksi dini gangguan mental mahasiswa agar di dalam pelaksanaan pembelajaran tidak terganggu. (2) Melakukan koordinasi dengan pakar psikologi terkait dengan instrument CBT. (3) melakukan koordinasi dengan mitra pembuat aplikasi terkait dengan desain aplikasi E-KONTROL. Hasil dari pengabdian ini adalah (1) terealisasinya prototype aplikasi E-KONTROL sebagai sarana screening aswal mendeteksi gangguan dan atau hambatan mental pada mahasiswa UNU NTB terutama mahasiswa berkebutuhan khusus tunarungu; (2) memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk melakukan deteksi dini gangguan dan atau hambatan mental tanpa harus pergi ke biro psikologi; (3) memberikan edukasi kepada mahasiswa terkait pentingnya mendeteksi dini gangguan dan atau hambatan mental sebagai upaya pencegahan.


Keywords


Media Digital Board Game, E-Kontrol, CBT, Hambatan Mental, Tunarungu.

Full Text:

PDF

References


Afrianty, D. 2019, “Disability Inclusion in Indonesia: the Role of Islamic Schools and Universities in Inclusive Education Reform”, Contentious Belonging: the Place of Minorities in Indonesia, Greg Fealy and Ronit Ricci (eds), Singapore: ISEAS.

Kemendikbud. (2019). Statistik Pendidikan Tinggi 2020. Diunduh 30 September 2022 dari https://pddikti.kemdikbud.go.id/asset/data/publikasi/Statistik%20Pendidik an%20Tinggi%202019.pdf

Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (dalam setting Pendidikan Inklusi). Bandung: PT Refika Aditama.

Nugroho, F.A. (2020). “Tanggung jawab Perguruan Tinggi dalam pemenuhan hak atas pendidikan bagi mahasiswa difabel di Universitas Indonesia,” Skripsi, Fakultas Hukum, Program Sarjana, Universitas Indonesia.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2019). Statistik Pendidikan Tinggi 2019/Higher Education Statistics 2019. Jakarta: Pusdatin Kemenristekdikti.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i2.6286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alfian Martoni, Azmussya’ni Azmussya’ni, Azmussya’ni Azmussya’ni, Didin Septa Rahmadi, Didin Septa Rahmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View AbdiMas Stats