Studi Analisis Kondisi Fisik (VO2Max) Atlet Futsal IKIP Mataram Tahun 2018

Andi Anshari Bausad, Arif Yanuar Musrifin

Abstract


Daya tahan kardiorespiratory (VO2Max) dalam permainan futsal berfungsi untuk menjaga stamina agar atlet mampu bermain penuh waktu tanpa mengalami kelelahan. Tuntututan Vo2Max yang harus dipenuhi oleh atlet futsal ini sesuai dengan tipe permainan olahraga futsal adalah permainan yang dilakukan dengan tempo tinggi, fisik yang prima diperlukan saat berlari, bergerak mencari ruang. Tujuan penelitan untuk mengetahui kondisi fisik atlet futsal IKIP Mataram tahun 2018 seperti apa adanya tanpa memberikan perlakuan terlebih dahulu. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, subyek penelitian adalah atlet futsal IKIP Mataram yang berjumlah 16 mahasiswa, instrument dalam penelitian ini adalah tes bleep tes atau MFT. Data yang akan diperoleh  akan  dianalisis  dengan  menggunakan  statistic deskriptif (tabulasi frekwensi). Seperti halnya nilai rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan penghitungan prosentase. Hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil VO2Max atlet futsal IKIP Mataram didapatnya angka 42,72 apabila dilihat dari tabel Norma Standarisasi Untuk Daya Tahan Aerobic (VO2Max) maka kemampuan unsur kemampuan kondisi fisik (VO2Max) atlet futsal IKIP Mataram dalam kategori Baik. Untuk Prosentase unsur kondisi fisik (VO2Max) atlet futsal IKIP Mataram dalam kategori sedang sebesar 37,5 % atau sebanyak 6 atlet. Sedangkan untuk prosentase unsur kondisi fisik (VO2Max) atlet futsal IKIP Mataram dalam kategori baik sebesar 62,5 % atau sebanyak 10 atlet

References


Bausad, Andi Anshari. dan Musrifin, Arif Yanuar. 2016. Efektifitas Penurunan Denyut Nadi Pemulihan Dengan Pemberian Masase Tehnik Shaking Pada Atlet Futsal IKIP Mataram. Jurnal Pendidikan Mandala. Vol. 1. No. 1 Desember 2016.

Ismaryati, 2016. Tes dan Pengukuran Olahraga. UNS.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: UNESA.

Murni, siti. 2015. Jurnal. Tinjauan Kemampuan Volume Oksigen Maksimal (Vo2 Max) Atlet Pencak Silat Pusat Pendidikan Dan Latihan Pelajar (Pplp) Sumatera Barat Tahun 2015. Universitas Negeri Padang.

Nawawi, Umar. (2014). Fisiolagi Olahraga. Padang: UNP PRESS.

Sigit Nugroho, Pengaruh Latihan Sirkuit (Circuit Training) Terhadap Daya Tahan Aerobik (Vo2 Max) Mahasiswa Pko Fakultas Ilmu Keolahragan Universitas Negeri Yogyakarta.

UU RI No.3 tahun 2005 tentang system keolaragaan Nasional.

Wilmore, H.J., and Costill, DL., (1994). Physiology of Sport And Exercise, USA: Human Kinetics, Champaign




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.