Analisis Pola Asuh Permisif Terhadap Penggunaan Gadget (Handphone) Ditinjau Dari Disiplin Belajar Matematika Siswa SD

Arlin Astriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua permisif terhadap penggunaan gadget (handphone) ditinjau dari disiplin belajar matematika peserta didik SD Negeri Karangtawang 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD Negeri Karangtawang 01 semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua permisif terhadap penggunaan gadget (handphone)  terlihat bahwa sebagian orang tua kurang mengkomunikasikan aturan secara jelas dan tidak  memaksakan aturan tersebut, orang tua juga menerima tingkah laku anak serta menuruti dan membebaskan kemauan anak. Kedisiplinan belajar matematika cukup rendah, hal ini terlihat dari anak yang jarang disuruh untuk belajar matematika maupun mengerjakan tugas matematika ketika anak sedang bermain handphone karena orang tua cenderung membiarkan anaknya bermain handphone

References


Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: Pilar Media.

Dolet Unaradjan. 2003. Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Grasindo.

Gunarsa & Gunarsa. 2012. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: Libri.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Siti Munjiyatun Aly. 2009. Pengaruh Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: UNS.

Sugeng Harsono. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Universitas Indraprasta. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3. pp. 261-27. Diakses pada tanggal 25 Januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.