Ragam Permainan Tradisional Suku Sasak Di Pulau Lombok

Hastuti Diah Ikawati, Ary Purmadi, Zulfakar Zulfakar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melestarikan budaya sasak berupa permainan tradisional. Pelestarian tersebut dilakukan dengan mendokumentasikan ragam permainan tradisional dalam bentuk video dan buku permainan. Selain untuk tujuan tersebut, hasil penelitian ini dapat juga digunakan sebagai sumber belajar untuk memudahkan generasi saat ini dan yang akan datang mempelajarinya. Permainan tradisional banyak mengandung nilai-nilai edukatif dan pendidikan karakter seperti kejujuran, kepedulian, kerjasama, bertanggungjawab, sportif, dan sikap positif lainnya. Selain manfaat-manfaat tersebut, permainan tradisional juga sejatinya dapat memberi manfaat secara ekonomi yaitu sebagai daya dukung bagi pariwisata mengingat Pulau Lombok merupakan salah destinasi wisata. Untuk mendapatkan data tentang ragam permainan tradisional suku sasak, ditempuh penelitian studi pustaka, studi lapangan, dan wawancara. Metode studi pustaka digunakan untuk menemukan kajian-kajian yang membahas tentang tema penelitian. Sedangkan studi lapangan digunakan untuk melihat secara langsung kecenderungan bermain anak-anak pada saat sekarang ini. Metode ini dilakukan untuk mengetahui apakah permain tradisional masih ada dimainkan oleh anak-anak saat sekarang ini ataukah sudah tidak ada sama sekali.  Metode wawancara digunakan untuk tujuan membandingkan data hasil temuan dari beberapa metode yang digunakan. Sasaran wawancara adalah para pelaku permainan tradisional yang sekarang sudah berusia lanjut yaitu sekitar berumur 60-70 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan setidaknya terdapat 15 jenis permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak suku sasak di Pulau lombok pada zaman dahulu

References


Efendi, Agus. 2014.“ Implementasi Kearifan Budaya Lokal pada Masyarakat Adat Kampung Kuta sebagai Sumber Pembelajaran IPS”.Jurnal Sosio Didaktika: Vol. 1 (2): 211-218.

Endah, P. 2016. “Dampak Kecanduan Bermain Games Online”.http://thisisputriiep.blogspot.com. Diakses tanggal 4 mei 2016).

Iswinarti.2010. ”Nilai-nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek untuk Anak Usia Sekolah Dasar”. Naskah Publikasi. www.google.com. Diakses tanggal 4 Mei 2016.

Ja’far, Al Juk, dkk . 2011. “Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal,” Jurnal Art Nouveau, Vol.3(1): 1-9.

Nur, Haerani. 2013. “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional”.Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. III (1): 87-94.

Nur, Haerani. 2013. “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional”.Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. III (1): 87-94.

Renggani, P. 2016. “Menetralkan Kecanduan Games”.www.google.com. Diakses tanggal 4 mei 2016.

Sudianto, Mungit. 2006. “Optimalisasi Pembelajaran Muatan Lokal dan Relevansinya dengan Kebutuhan Lapangan Kerja pada Pendidikan Dasar 9 Tahun,” Jurnal Pendidikan Dasar.Vol.7 (2): 109-113




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.