Pengaruh Worksheet Berorientasi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa

Saidil Mursali, Titi Laily Hajiriah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh worksheet berorientasi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kognitif mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas A Prodi Pendidikan Kimia sebagai kelas eksperimen dan kelas A Pendidikan Fisika sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan program SPSS 17.0. Hasil penelitian diperoleh keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen mencapai kategori baik, sedangkan kelas kontrol mencapai kategori sangat baik, artinya proses pembelajaran di kedua kelas berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Hasil uji hipotesis kemampuan kognitif mahasiswa diperoleh nilai thitung = 7,79 dan ttabel = 2,10 pada taraf signifikan 5%, sehingga t hitung lebih besar dari ttabel, maka dapat dipastikan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis awal diterima. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh worksheet barorientasi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan kognitif mahasiswa.

References


Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., and Airasian, P.W., 2010. Kerangaka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan oleh Prihantoro, A., Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto,S. 2013. ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Daniati, Baiq. 2009. “Penerapan Metode Mengajar Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Observasi dan Hasil Belajara Biologi Siswa kelas VIII SMPN 4 Praya Timur Tahun Pelajaran 2008/2009”. Mataram; Skripsi IKIP Mataram.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, M., 2010. Model pembelajaran inkuiri (online) (http://fisika21.wordpress.com /2010/07/09/model-pembelajaran-inkuiri/, diakses tanggal 16 April 2014.

Maelani, R.K., Mursali, S., dan Lesmana, I.P., 2016. “Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Motivasi dan Kemampuan Kognitif Siswa”. Artikel Prodi Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Mataram.

Prabowo. 2011. Metodologi Pendidikan (Sains dan Pendidikan Sains). Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: ALFABETA.

Yanti, 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Islam Al- Hananiyah Bodak Tahun Pelajaran 2013/2014”. Artikel

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.