PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM HOOKE KELAS XI MA DARUSSALIMIN NW SENGKOL MANTANG

Nurul Ilmi, Bq Azmi S, Wirawan P

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pre-test dan post-test control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MA Darussalimin NW Sengkol Mantang tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah sampel adalah 21 siswa untuk kelas eksperimen dan 23 siswa untuk kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes menggunakan SPSS v-17 for windows. Hasil pengujian hipotesis diproleh nilai t-test lebih rendah (0.00) dibandingkan dengan nilai t-tabel (0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Hoditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran problem solving berbantuan PhET berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa


References


Alec Fisher. (2009). Critical Thinking, Editor Gugi Sahara. Jakarta : Erlangga.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Peneliian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyati, Eka. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA. Vol. 1 No. 2.

Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fithriani. 2016. Penggunaan Media Simulasi Phet Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor di SMA Negeri Banda Aceh. Jurnal: Pendidikan Sains Indonesia.

Fujiah, 2016.Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Berbasis Authentic Assessmen Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Tidak Diterbitkan

Haerunisah, 2017. Pengembangan LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Khaeruman dan Nurhidayati Siti. 2015. Trik-Trik Mengajar. Mataram. Fakultas Matematika dan IPA IKIP Mataram

Khalaliyah, Rizki. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Alat Optik.

Mirawati, 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Berbasis Authentic Assessment Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Perkins,Katherine, et al. 2006. PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher. Vol. 44, DOI: 10.1119/1.2150754

Prayogi, S., dan Asy’ari, M. 2013. “Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Prisma Sains. 1 (1): 79-87.

Prihatiningtyas, Dkk. 2013. Imlementasi Simulasi Phet Dan Kit Sederhana UntukMengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada PokokBahasan Alat Optik. Jurnal: Pendidikan IPA Indonesia.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sunni dkk, Abdurrahman. Dkk. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan PhET Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Suparno. 2013. Pengaruh Metode PBL Menggunakan Hypermedia terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS. Universitas Indonesia. Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.