PENERAPAN MODUL DENGAN PEMBELAJARAN ANALOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Rini Rahmawati, Baiq Asma Nufida, Dahlia Rosma Indah

Abstract


Struktur atom merupakan salah satu materi yang tersusun atas partikel-partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Namun sumber belajar yang sering digunakan masih kurang membandingkan materi dengan fenomena dalam kehidupan  sehari-hari antara dua konsep yaitu konsep target dan konsep analogi. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan pengembangan pada tahap uji kelayakan dengan rancangan model 4-D yang terdiri dari tahap define, desing, develop, dan disseminate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul dengan pembelajaran analogi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi struktur atom. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan prestest-posttest-only control group design. Penelitian yang dilaksanakan di SMAN 3 Dompu menggunakan sampel yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh dari keseluruhan populasi siswa kelas X IPA. Kelas eksperimen yang ditentukan yaitu kelas X IPA1 (15 siswa) yang dibelajarkan dengan modul pembelajaran analogi sedangkan kelas kontrol yang ditentukan yaitu kelas X IPA2 (15 siswa) yang dibelajarkan dengan metode konvensional tanya jawab pada materi struktur atom. Teknik pengumpulan data keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan tes  essay. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa  pada kelas eksperimen (48) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pada kelas kontrol (39). Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji  one way anova dengan bantuan SPSS 16,0 for windows diketahui bahwa thitung(0,024) < α (0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima hipotesis alternatif diterima. Artinya, terdapat pengaruh penerapan modul dengan pembelajaran analogi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa  pada materi struktur atom.


References


Arikunto, S. 2010. MabajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Fathurohman, A. 2014. Analogi dalam Pengajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1) : 74-77.

Neneng, Sri Hartika. 2017. Pengembangan Modul Dengan Model Pembelajaran Analogi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Struktur Atom. Skripsi FPMIPA Ikip Mataram.

Nufida, B. A. 2013. Model Jembatan Analogi dalam Pembelajaran kimia untuk Membantu Pemahaman Aspek Mikroskopijk Siswa. Jurnal Kependidikan 12 (2): 115-120.

Purba, M. 2006. Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Syahrir, S. P. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram). Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.1234/.v0i0.883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.