PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MENGHADAPI MEA

Vivi Rulviana

Abstract


Lembaga pendidikan khususnya sekolah memegang peran penting salah satunya sebagai wadah yang memiliki tujuan untuk membentuk peserta didik maupun sumber daya manusia yang berkarakter. Tujuan-tujuan tersebut akan dapat tercapai apabila ada berbagai inovasi yang dilakukan di dalam sebuah pembelajaran. Karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap, dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah guna menciptkan SDM yang berkarakter dalam menghadapi MEA dapat dilakukan dengan melalui pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran yang inovatif tersebut diterapkan dengan menciptakan suasana belajar yang bersifat student centered, sehingga para peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar secara lebih maksimal.

Full Text:

PDF

References


Elfindri, dkk.2011. Soft Skills untuk Pendidikan. Praninta Offset.

Koesoema, D.A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Marzuki, 2012. Pengembangan Soft Skill Berbasis Karakter Melalui Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Makalah Seminar Nasional di IKIP PGRI Madiun.

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter.

Prasetyo, A., dan Rivasintha, E. (2010). Konsep, Urgensi, dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Online). (http://edukasi. kompasiana.com, diakses 10 Desember 2011).

Uno, Hamzah B. 2010. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats