INTERNALISASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN TANGGAP BENCANA PADA SISWA SEKOLAH MELALUI PROGRAM GEOGRAPHY PARTNER SCHOOLS

Hasrul Hadi, Armin Subhani

Abstract


Dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana, Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi mencanangkan Program Geography Partner Schools (GPS) yang menyasar guru dan siswa sebagai partnernya. Sebagai sebuah penelitian pendahuluan, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui upaya guru geografi dalam menginternalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa, 2) mengetahui respon guru geografi terhadap rencana program GPS sebagai upaya menginternalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa, 3) mengetahui rencana tindak lanjut program GPS sebagai sebuah komitmen bersama guru geografi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan FGD (Focus Group Discussion), angket, dan Dokumentasi. Teknik sampling menggunakan sampel populasi sejumlah 16 orang guru geografi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: 1) upaya guru geografi dalam menginternalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa yaitu melalui kegiatan pembelajaran geografi maupun penerapan dalam aktivitas sehari-Hari di sekolah seperti kebersihan lingkungan dan simulasi antisipasi bencana, 2) 100% guru geografi merespon positif dan setuju dengan program GPS dan berkmitmen dalam melaksanakannya, 3) Rencana tindak lanjut program GPS antara lain : a) membentuk koordinator cabang di setiap kabupaten sebagai simpul komuitas guru geografi pelaksana program GPS, b) Sosialisasi ke setiap sekolah mengenai program GPS, dan, c) mempelopori terbetuknya ekstrakurikuler GPS di setiap sekolah sebagai parter dalam pelaksanaan Program GPS.

Full Text:

PDF

References


BIG. (2012). Peran Informasi Geospasial untuk Penanggulangan Bencana. Materi Kuliah Umum

Center for Curriculum Redesign. (2015). Character Education for 21st Century : What Should Student Learn?

Eriyanto. (2006). Seri Panduan Riset Sosial; Panduan Penyelenggaraan Focus Group Disscussion (FGD). Jakarta : Lingkaran Survei Indonesia.

Hasanah, I., Wahyuni, S., Bachtiar, R.W. (2016). Pengembangan Modul Mitigasi Bencana berbasis Potensi Lokal yang terintegrasi dalam pelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 3, Nomor 5. Hal 226-234.

Iskandar, J. (2001). Manusia, Budaya, dan Lingkungan; Kajian Ekologi Manusia. Bandung : Humaniora Utama Press.

Keraf, A.S. (2005). Etika Lingkungan. Jakarta : Penerbit Buku Kompas.

Lickona, Thomas. (2012). Pendidikan Karakter.Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Subhani, Armin. (2017). Rancangan Dasar Program Geography Partner Schools (GPS). Pancor : Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi. Tidak diterbitkan.

Sudibyakto, H.A. (2011). Manajemen Bencana di Indonesia ke Mana?.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Suranto, Aw. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Mata Kuliah Komunikasi Interpersonal. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun IV, Nomor 3. Hal 225-234.

Susanti, Rosa. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Al-Ta’lim. Jilid 1, Nomor 6. Hal 487-487.

Sutopo, H.,B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif; dasar teori dan terapannya dalam penelitian, edisi ke 2. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Triwardani, R., Sarmini. (2013). Pembudayaan Karakter Peduli Lingkungan melalui kegiatan Bank Sampah di Desa Duwet Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 3, Nomor 1. Hal 470-484.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats