MAKNA TINDAKAN-TINDAKAN DALAM MBOLO WEKI PROSESI PERNIKAHAN TRADISI MASYARAKAT BIMA.

M. Tahir

Abstract


Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tindakan-tindakan yang terdapat dalam Mbolo Weki prosesi pernikahan tradisi masyarakat Bima menggunakan kajian semiotika Roland Barthes dan makna tindakan-tindakan  dalam Mbolo Weki prosesi pernikahan tradisi masyarakat. Metode penelitian yaitu, metode dokumentasi dan wawancara. Dalam menganalisis data menggunakan pendekatan deskriptif perspektif Roland Barthes. Hasil penelitian ini berupa pendeskripsian data menunjukan 6 tindakan yang menggambarkan makna yaitu, doho ka mbolo, piti kumpula, kumpula uta, pembentukan panitia pernikahan dan kancihi ncao fiki ro kananu kasabua ade ro loko. Dari makna yang digambarkan bahwa acara Mbolo Weki prosesi  pernikahan  memiliki  makna  bahwa  Mbolo  Weki  merupakan  suatu  acara  yang dilakukan    secara    terhormat    dalam    tradisi    prosesi    pernikahan    yang    bertujuan untuk  mempererat hubungan dalam kesatuan sosial masyarakat, seperti adanya bantuan dari kelompok orang, yang dimaksudkan dengan adanya pemberian sumbangan secara bergilir dengan tujuan salah satunya untuk meringankan beban biaya pernikahan keluarga yang berhajat, dan tradisi ini sangat bermanfaat untuk berbagai kalangan sosial dalam masyarakat suku Bima.


Keywords


Mbolo Weki prosesi pernikahan, , tindakan

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2015. Semantik. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Barthes, Roland. 2007. Petualangan Semiologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana. Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hasanah, Nurul. 2015. “Upacara Basentulak di Desa Telagawaru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat: Kajian Semiotik”. Skripsi S1. Universitas Mataram.

Melati, Tily Putri. 2016. “Makna Simbol-Simbol Budaya dalam Prosesi Adat Pernikahan di Kabupaten Dompu Kajian Semiotika (Roland Barthes)”. Skripsi SI. Universitas Mataram.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Ramadhan, Syahrir. 2016. “Kajian Pragmatik Tradisi Panati dalam Perkawinan Masyarakat Bima di Desa Rato Kecamatan Bolo”. Skripsi SI. Universitas Mataram.

Ratna. 2012. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Belajar.

Sakinah. 2017. “ Kajian Hermeneutika Gadamer pada Zikir Kalei Bunti di Desa Bolo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima”. Skripsi SI. Universitas Mataram.

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa Bandung

Sobur, Alex. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Yuliani. 2015. “Analisis Simbol-Simbol dalam Tradisi Bertimpas di Dusun

Selanglet Lombok Tengah Kajian Semiotika Roland Barthes”. Skripsi SI. Universitas Mataram.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 M. Tahir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.