Pola Karakteristik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram

Abdul Muttalib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik UMKM di Kota Mataram berdasarkan kondisi internal dan eksternal UMKM kemudian menganalisis strategi pengembangan usaha yang sesuai dengan UMKM di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan analisis data primer dan sekunder.Data primer diperoleh dari survey sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber publikasi lembaga/institusi yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif, SWOT dan AHP.Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik UMKM di Kota Mataram berdasarkan kondisi internal memiliki kekuatan pada kemauan yang kuat untuk maju dan kelemahan pada keterbatasan modal. Sedangkan kondisi eksternal memiliki peluang pada pangsa pasar yang cukup banyak dan ancaman pada persaingan dalam perdagangan bebas. Sedangkan untuk menentukan strategi pengembangan usaha yang sesuai dengan UMKM di Kota Mataram dimulai dengan analisis faktor strategis internal dan eksternal dan diperoleh total bobot skor rata-rata dari matiks IFE 2,088 maupun EFE 2,308. Kemudian menentukan posisi UMKM di Kota Mataram melalui matrik IE yang menunjukan bahwa UMKM di Kota Mataram memiliki kemampuan internal yang sedang dan eksternal yang sedang. Kemudian hasil analisis dikaji menggunakan  SWOT untuk menentukan beberapa alternative strategi pengembangan usaha. Setelah ditawarkan beberapa alternative strategi pengembangan usaha kemudian di analisis menggunakan AHP untuk menentukan  prioritas strategi pengembangan usaha UMKM di Kota Mataram. Dan  hasilnya menunjukan bahwa strategi yang sesuai dengan UMKM di Kota Mataram adalah pada peningkatan kualitas dan kreatifitas produk UMKM

Keywords


Strategi pengembangan usaha, UMKM

Full Text:

PDF

References


Jurnal. Universitas Mulawarman. Samarinda

Afrillita T, Nur. 2013. Analisis SWOT Dalam menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda

David, F.R. 2004. ”Manajemen Strategis: Konsep. Edisi ketujuh”. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Fadilah, S. 2012. “Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern dan Total Quality Management terhadap Kinerja Organisasi”. MIMBAR, Vol. XXVIII No.1.

Glueck, W.F., dan Jauch, L. R., 1989. Strategy Management and Business Policy, New York: McGraw-Hill

J. Salusu. 2006. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Grasindo. Jakarta

Krisnamurthi, Bayu. 2012. Ekonomi Gula. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Mutallib, A. (2015). Analisis sistem bagi hasil muzara’ah dan Mukhabarah pada usahatani padi dan implikasinya terhadap kesejahteraan keluarga petani penggarap dan pemilik lahan di Kecamatan Praya Timur. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 1(2), 245-257.

Mutallib, A. (2016). IMPLIKASI GADAI SYARI’AH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KOTA PRAYA (Studi Kasus di Pegadaian Syari’ah Cabang Praya). Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(2), 291-296.

Nurnugroho, Yudhistira. 2010. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Bangsa. Jakarta.

Sevilla, C. G.et. al. 1960. Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/bisnis.v1i1.3077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Bussiness Management
p-ISSN: 2828-8203, e-ISSN: 2828-7606
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.