Asal Mula Hukum Adat Daerah Bima

Nani Anggriani

Abstract


Hukum Bicara Undang-undang Bandar Bima merupakan salah satu dari berbagai hukum adat yang pernah berlaku di Kerajaan Bima hingga kerajaan tersebut berubah menjadi kesultanan. Undang-undang ini memberikan satu pelajaran penting bahwa peradaban orang Bima pada waktu itu sudah tinggi karena dapat menciptakan undang-undang yang tersusun rapi dan ditaati oleh semua pedagang. Hal ini juga menandakan bahwa wilayah timur nusantara begitu penting posisinya karena menjadi persinggahan para pedagang asing. Sangat wajar jika hal ini berakibat pada begitu berwarna dan uniknya kebudayaan wilayah timur Indonesia

Keywords


Hukum Adat, Daerah Bima

Full Text:

PDF

References


Ahmad Amin, 1971. Sejarah Bima: sejarah pemerintahan dan serba-serbi kebudayaan Bima. Jilid 1. Bima: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Aliuddin Mahyudin, 1983. Surat-surat dan catatan harian Kerajaan Bima. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Henri Chambert-Loir, 1982. Syair Kerajaan Bima. Jakarta: Lembaga Pendidikan Prancis untuk Timur Jauh.

Henri Chambert-Loir dan Siti Maryam R. Salahudin, 1999. Bo’ Sangaji Kai. Catatan Kerajaan Bima. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia (YOI).

Klokk et al., 1998. Weigth and measures in early Javanese states. Leiden: Center of Southeast Asian Studies, Universiti of Hull.

Siti Maryam R. Salahuddin, 2004. Hukum adat undang-undang bandar Bima. Mataram: Lengge.

Firmansyah, Syarifuddin Jurdi, 2007. Islam, masyarakat madani dan demokrasi di Bima. Yogyakarta: CNBS.

Sumber: (Online) Tersedia di http://bima-ntb.blogspot.com/ (Diakses pada 12 Februari 2010).

sumber: (Online).Tersedia di (http://www.bimakab.go.id/index.php?pilih=hal&id=6). (Diakses pada 10 Februar 2010). Pemerintah Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, 2010. Sejarah Bima

sumber: (Online) Tersedia di (http://www.wacananusantara.org/3/199/satuan-satuan-ukuran-pada-masa kerajaan.) (Diakses pada 2 Mei 2010). Tim Wacana Nusantara, 2010. Satuan-satuan Ukuran pada Masa Kerajaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jihad.v2i2.3665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Nani Anggriani

View My Stats