Pengaruh Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kecamatan Wera

Evi Rosdiyanti, Noni Antika Khairunnisah, Mawardi Mawardi

Abstract


Pemerintah merupakan sebagai wadah penyedia layana pablik yang dimana di butuhkan oleh masyarakat harus bertanggung jawab yang diaman terus berupaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang menuntukan berhasilan pelayanan pablik. Di sisi lain kepuasan masyarakat terhadapĀ  pelayanan pablik merupakan tolak ukur keberhasilan pelayanan pablik. Penelitian ini merupakan penelitian diskrtif dengan menggunakan pendekat kuantitatif untuk mengetaui kualitas pelayanan pablik di bidang administrasi kepedudukan di Kecamatan Wera. Teknis analisis data yang digunakan merupakan adalah model interaktif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan pablik di bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Wera di lihat dari aspek fasilitas fisik, jamina, empati sebagai pelayanan umum di Kecamatan Wera masih sedikit belum memehuni fasilitas yang memadai untuk memberikan fasilitas terhadap masyarakat agar masyarakat merasakan kepuasan dari pelayanan public.


Keywords


kualitas, pelayanan pablik, Kecamatan Wera

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus. "Mewujudkan Good Governance Melayani Publik." Gadjah Mada University, Yogyakarta (2006).

Moenir, A. S. (2008). Manajemen pelayanan umum di Indonesia.

Rinaldi, Rudi. "Analisis kualitas pelayanan publik." Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal) 2.1 (2012): 22-34.

Saefullah, A. Djadja. "Konsep dan Metode Pelayanan Umum yang Baik." Jurnal Publik 10 (1999).

Sanapiah, Azis. "Pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan masyarakat." Jurnal Administrasi Negara 6.1 (2000): 21-35.

Ulumudin, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat dii Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 5(1), 1-4.

Sinaga, J. O., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 7-14.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jihad.v5i2.5961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Evi Rosdiyanti, Noni Antika Khairunnisah, Mawardi Mawardi

View My Stats