Pengaruh Metode Belajar Dengan Simulation Game Terhadap Penyerapan Pengetahuan Remaja Masjid Tentang Sejarah Agama Islam

Ahmad Fahmi Ramadhan

Abstract


Perkembangan zaman dan pengaruh budaya barat telah menggeser kebiasaan remaja di Indonesia, mengikuti trend dan kebiasan seperti main game dan tik-tok menjadikan remaja sekarang lebih banyak membuang waktu untuk hal-hal yang tidak baik daripada belajar tentang agama Islam. Metode Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Banyusari. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan pengukuran dua kali yaitu sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan metode simulation game. Responden dilakukan pengukuran tingkat pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan dengan metode dan Simulation Game (SIG) (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (Posttest), dan dia analisi mengunakan uji Paired T Test. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil : Hasil uji statistik, dapat diperoleh nilai rata-rata tingkat pengetahuan remaja tentang sejarah islam sebelum diberikan pendidikan dengan metode simulation game, dapat diperoleh nilai rata-rata tingkat pengetahuan remaja sebesar 12,14 dan nilai rata-rata tingkat pengetahuan remaja sesudah pemberian metode simulation game sebesar 24,58. Nilai rata-rata tingkat pengetahuan remaja menunjukan adanya peningkatan pengetahuan setelah diberikan penyuluhan dengan metode Simulation Game (SIG) sebesar 12,44 dengan p value 0,002 < α = 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan pemberian penyuluhan dengan metode Simulation Game (SIG) terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang sejarah agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas menunjukan ada pengaruh pemberian pendidikan dengan metode simulation game terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang sejarah agama islam, metode penyuluhan dengan simulation game merupaken metode penyuluhan yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang sejarah agama Islam, dikarenakan dengan metode ini remaja bisa belajar dengan santai dan lancer, denagan metode ini remaja dapat menerima dan mencerna materi dangan baik dan menyenangkan.



Keywords


Simulation Game, Pendidikan Agama Islam, Sejarah Agama Islam

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Ahmad Fahmi Ramadhan



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.