ANALISIS PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PERSAMPAHAN DI KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2021

Miftahul Arzak, Joni Firmansyah, Yadi Satriadi

Abstract


New Public Service memandang publik sebagai (citizen) atau warga negara yang mempunyai hak dan kewajiban publik yang sama. Tidak hanya sebagai konsumen yang dilihat dari kemampuannya membeli atau membayar produk atau jasa tetapi masyarakat merupakan penerima dan pengguna pelayanan publik yang disediakan pemerintah dari berbagai kewajiban publik. Hal ini seharusnya dapat diterapkan dalam segala lini pelayanan publik, termasuk pelayanan pengaduan dalam pelayanan persampahan di Kabupaten Sumbawa.
Penelitian ini dianalisa menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode survei. Jumlah populasi berdasarkan masyarakat atau instansi yang telah membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa dan membayar retribusi setiap bulannya untuk diberikan pelayanan pengangkutan sampah. Berdasarkan data yang didapatkan tersebut, terdapat 95 orang dan/atau instansi yang telah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, dan didapatkan 76 responden melalui tabel Morgan dan Krejcie, serta diacak menggunakan teknik random sampling.
Temuan di dalam penelitian ini menjelaskan bahwa 56,6% masyarakat Kabupaten Sumbawa tidak mengetahui adanya layanan pengaduan persampahan. Temuan lainnya juga menjelaskan bahwa sebesar 73,7% masyarakat tidak pernah mengakses layanan pengaduan tersebut. Dalam hal sosialisasi, sebesar 53,9% masyarakat menyatakan belum pernah tersosialisasi dari layanan ini, serta didapatkan indeks kepuasan masyarakat terkait pengaduan di pelayanan persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, ‘Tidak baik’.
Beberapa kendala yang menjadi ponghambat di dalam pelaksanaan layanan ini adalah tidak adanya sistem yang menunjang, sosialisasi yang tidak masif serta kualitas sumber daya manusia yang terbatas.


Keywords


Pengaduan, Layanan Persampahan, Kabupaten Sumbawa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Miftahul Arzak, Joni Firmansyah, Yadi Satriadi



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.