ANALISIS PERILAKU HIDUP BERSIH PADA MASYARAKAT PERKAMPUNGAN KUMUH ( STUDI DI KELURAHAN TANJUNG KECAMATAN RASANAE BARAT KOTA BIMA)

Adilansyah Adilansyah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Perilaku Hidup Bersih Pada Masyarakat Perkampungan Kumuh di Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima”. Dengan permasalah sebagai berikut :Bagaimanakah Perilaku Hidup Bersih Pada Masyarakat di Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.
jenis penelitian yaitu Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dan dokumentasi. Penentuan sampel dalam penelitin ini penulis dalam penentuan sampel dilakukan dengan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis secara deskriptif kualitatif yang didahului dengan observasi dan wawancara.
Perilaku hidup bersih adalah semua suatu rangkaian kegiatan masyarakat yang di lakukan atas kesadaran dari diri sendiri sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dalam kehidupan kebersihan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kebersihan dilingkungan sosial masyarakat. Perkampungan Kumuh adalah bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung, dapat merupakan kawasan perkotaan dan perdesaan, berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal/hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan. Sedangkan kata “kumuh” menurut kamus besar bahasa indonesia diartikan sebagai kotor atau cemar. Jadi, bukan padat, rapat becek, bau, reyot, atau tidak teraturnya, tetapi justru kotornya yang menjadikan sesuatu dapat dikatakan kumuh.
Tujuan dari penelitian untuk megetahui Perilaku Hidup Bersih Pada Masyarakat Perkampungan Kumuh di Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima. Rancangan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Jenis penelitian yang dikemukakan diatas dapat digunakan untuk membuat/ menggambarkan tentang objek penelitian yang akan digunakan dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Perilaku Hidup Bersih Pada Masyarakat Perkampungan Kumuh di Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.
.


Keywords


Fungsi Komunikasi, Pengambilan Keputusan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Adilansyah Adilansyah



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.