ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA PERMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DP2KBP3A) KABUPATEN LOMBOK BARAT

Nurul Hidayati Indra Ningsih

Abstract


Dalam rangka menciptakan tata kelola yang baik (good governance), Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelola keuangan negara. Untuk mengetahui kinerja keuangan pemerintah maka perlu dilakukan suatu analisis rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah laporan keuangan pemerintah pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Permberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lombok Barat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan Metode Analisis Data yang menggunakan analisis rasio keuangan Rasio Likuiditas (Current Ratio), Rasio Solvabilitas (Debt to Assets), dan Rasio Efisiensi Belanja.
Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan pada DP2KBP3A ditinjau dari rasio likuiditas yang diukur, dengan current ratio (rasio lancar) pada tahun 2006-2019 dapat dikatakan baik, nilai rata-rata current ratio selama kurun waktu empat tahun berturut-turut sudah mencapai tingkat rasio lebih dari 1 meskipun dari tahun ke tahunnya masih mengalami penurunan. Ditinjau dari rasio solvabilitas yang diukur dari Debt to Asset Ratio pada tahun 2006-2019 dapat dikatakan sudah baik karena berdasarkan hasil perhitungannya berada di bawah angka 1 (satu), artinya DP2KBP3A mampu menutup hutangnya melalui aktivanya sendiri dengan baik. Rasio efisiensi tahun 2016-2019 menunjukkan bahwa jumlah anggaran yang diterima DP2KBP3A lebih besar dibandingkan dengan jumlah belanja DP2KBP3A, hal ini dapat di lihat dari nilai rasio efisiensi rata-rata diatas angka 80% sehingga berada dalam kondisi efisiensi.


Keywords


Laporan Keuangan, Likuiditas, Solvabilitas, Efisiensi Belanja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Nurul Hidayati Indra Ningsih



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)
p-ISSN: 2598-9944, e-ISSN: 2656-6753
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.